Perbedaan dari Transportasi MRT dan LRT!

oleh -364 views
Foto : Perbedaan LRT dan MRT

ZETIZEN RADAR CIREBON – Proyek MRT dan LRT sudah rampung dan melakukan operasionalnya sejak beberapa bulan yang lalu. Namun, masih banyak masyarakat yang menyamakan kedua layanan transportasi itu, Nah, kali ini Tim Zetizen akan membahas perbedaan dari transportasi MRT dan LRT. Simak infonya, yuk! (jerrell)

  1. MRT

MRT banyak digunakan di kota-kota metropolitan yang padat penduduk. Sesuai dengan namanya, Mass Rapid Transit, MRT mampu mengangkut penumpang dalam jumlah besar dalam waktu singkat, sekitar 2 hingga 3 menit untuk setiap stasiunnya, seperti dilansir Rail Electrica.

MRT memiliki jarak antar stasiun atau pemberhentian yang pendek, tetapi tetap saja kehadiran MRT dapat mengantarkan penumpang ke tempat tujuan lebih cepat. MRT di kota besar umumnya bermobilisasi di bawah tanah, rel layang atau permukaan tanah. Jakarta mengadopsi mobilitas MRT bawah tanah.

  1. LRT

Ada pula moda transportasi LRT atau Light Rail Transit memiliki kapasitas lebih kecil dan kecepatan lebih rendah dibandingkan MRT. Namun, lebih cepat dari pada kereta atau bis dengan jalur khusus pada umumnya. LRT bergerak di jalur khusus di jalanan.

Moda transportasi ini, berukuran lebih ramping daripada kendaraan lainnya, sehingga mengambil ruang lebih sedikit untuk bergerak di jalanan macet seperti Jakarta. LRT lebih fleksibel di jalanan sehingga penumpang dapat lebih cepat mencapai tujuan dan dapat menghemat waktu serta biaya. Di Jakarta, LRT beroperasi melalui jalur rel layang. LRT umumnya memiliki beberapa halte pemberhentian dengan area tunggu khusus dengan interval beberapa kilometer.

Itu tadi adalah beberapa perbedaan dari LRT dan MRT. Jadi jangan bingung ya kalian harus menggunakan apa jika kalian berpergian ke Jakarta!

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Toyota Corolla Cross 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.