Pertempuran Zappolino yang Disebabkan oleh Sebuah Ember

oleh -200 views
Ember penyebab pertempuran Zeppolino. Source by Kumparan

ZETIZEN RADAR CIREBON- Jika kamu diajukan sebuah pertanyaan mengenai penyebab sebuah perang apa yang akan kamu jawab? pastinya kamu akan menjawab perbedaan ideologi, keinginan untuk memperluas wilayah kekuasaan atau perbedaan kepentingan.

Tapi, apakah kamu pernah berfikir adakah sebuah peperangan yang penyebabnya adalah sebuah ember? pastinya hal tersebut cukup konyol dan tidak mungkin bukan? Fakta mengatakan bahwa ada sebuah perang yang penyebabnya adalah sebuah ember lho sob. Perang tersebut bernama Pertempuran Zappolino yang terjadi pada 1325 Masehi. Pihak yang berperang yaitu pasukan dari kota Bologna dan Modena, Italia.

Baca juga: Aden-Aden, Urban Legend Manusia Berwajah Datar Suka Ngelawak

Awal mula pertempuran Zappolino berlangung yaitu ketika sekelompok tentara Modena menyelinap ke Bologna untuk mencuri sebuah ember yang berbahan dasar kayu ek. Pada dasarnya ember yang ember tersebut hanyalah ember biasa yang orang-orang Bologna gunakan untuk mengambil air dari sumur yang terletak pada pusat kota. Tidak ada nilai khusus pada benda tersebut.

Alih-alih menyelesaikan dengan cara damai dan meminta ganti rugi kepada pihak Modena, justru pihak Bologna merasa tersinggung atas pencurian ember tersebut. Dan bodohnya lagi pihak Modena menolak untuk mengembalikan ember tersebut dan kemudian mendeklarasikan peperangan kepada pihak Bologna.

Mereka secara efektif Lokasi pertempuran tersebut yaitu di kaki bukit tepat di luar tembok kastil yang saat ini merupakan frazione  dari kotamadya Castello di SerravalleEmilia-Romagna. Bologna mengerahkan sekitar 30.000 prajurit dan 2.000 pasukan berkuda. Sedangkan, Modena hanya bermodalkan 5.000 pasukan dan 2.000 warga sipil yang terprovokasi.

Walaupun mempunyai pasukan yang lebihs sedikit ketimbang Bologna, pihak Modena lebih unggul. Mereka secara efektif melancarkan serangan dari dataran tinggi Zappolino dan memenangkan pertempuran. Yang lebih mengejutkannya lagi adalah perang Zappolino menewaskan kurang lebih 2.000 orang.

Ember penyebab pertempuran Zeppolino. Source by Kumparan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *