Tertarik Bangun Bisnis Startup? Begini Caranya

oleh -291 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Memiliki bisnis startup menjadi salah satu impian banyak orang terutama kaum muda. Namun, masih banyak orang yang bingung bagaimana caranya untuk memulai bisnis ini. Kalau pun sudah punya ide masih bingung bagaimana menjalankannya.

Merintis sebuah bisnis memang tidak mudah. Banyak yang harus kita persiapkan termasuk modal. Begitu juga dengan bisnis startup, banyak orang yang berpikir bahwa butuh modal banyak untuk mendirikan bisnis ini. Akan tetapi, tak sedikit juga yang berhasil mendirikan bisnis startup dengan modal yang minim. Tentu saja, itu karena mereka pandai menarik investor karena ide bisnisnya yang menarik. (Indah)

Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan jika ingin memangun startup.

1. Membuat ide bisnis startup

Langkah awal untuk memulai bisnis setelah memiliki modal adalah membuat ide. Bisnis startup identik dengan model bisnisnya yang inovatif. Di sinilah kreativitasmu diuji. Kamu bisa berdiskusi dengan partnersmu. Buatlah ide bisnis yang baru dan memiliki dampak sosial yang baik.

2. Ambil langkah untuk mewujudkan ide

Setelah membuat ide, kita harus mengembangkan ide tersebut. Tentukan langkah apa yang akan diambil agar ide itu bisa terwujud.

3. Tidak masalah walaupun belum ada kantor, membangun bisnis startup bisa dilakukan di mana saja

Ini yang menjadi keistimewaan bisnis startup. Dalam menjalankan bisnis sturtup tidak memerlukan kantor yang mewah. Bahkan sekarang banyak bermunculan co-working space yang memungkinkan kamu menjalankan bisnis tanpa harus menyewa gedung.

4. Mencari partners yang punya motivasi tinggi

Menjalankan bisnis tidak bisa sendirian, kita butuh partners sebagai tim. Dalam menjalankan bisnis juga pasti banyak rintangan yang mungkin bisa membuat kamu down. Oleh karena itu, carilah orang yang mampu untuk saling memotivasi dan yang punya motivasi tinggi agar perusahaanmu tidak jatuh.

5. Memperhatikan target pasar

Carilah pasar yang memungkinkan usahamu terus berkembang. Jangan berpatokan pada besar kecilnya pasar, tetapi lihatlah seberapa besar kesempatan pasar tersebut untuk terus berkembang. Kamu harus bisa mempertahankan sirkulasi produk atau jasa yang kamu tawarkan ke konsumen.

6. Memperhatikan kualitas produk

Perusahaan yang sukses biasanya memiliki produk yang bagus bagi konsumen. Namun, produk bagus saja tidak cukup, kita juga harus memperhatikan kebutuhan masyarakat. Jika ada konsumen yang berkeluh kesan terhadap produkmu, jangan abaikan itu. Jadikan itu sebagai dorongan untuk terus mengupgrade produkmu agar bisa menyesuaikan kebutuhan masyarakat.

Baca Juga: Bisnis Start-Up Milik Generasi Milenial Indonesia (Part 1)

7. Menyusun timeline untuk tujuan dan target

Catatlah hal-hal yang akan dan sudah dilakukan. Tujuannya agar kita bisa mencapai target tanpa mengulur-ulur waktu. Jika target satu sudah terlaksana lanjutkan target berikutnya dan selesaikan sesuai deadline. Hal untuk mendorong kamu agar tidak leha-leha dalam menjalankan bisnis.

8. Memiliki tim yang terbaik

Berhasilnya usaha tidak mungkin terjadi jika timnya ala kadarnya. Untuk mencapai keberhasilan butuh kerja sama tim yang bagus dan kinerja tim yang baik. Pekerjakanlah orang-orang yang memiliki potensi membuat bisnismu sukses. Bekerjalah dengan orang-orang yang memiliki kesamaan visi dan misi.

9. Lakukanlah dengan sungguh-sungguh dalam membangun bisnis startup

Yap, kesuksesan sebuah bisnis tidak akan terjadi tanpa usaha yang besar. Lakukan bisnismu secara serius dan totalitas, jangan setengah setengah. Ketekunan dan konsistensi akan membantu kamu menghadapi rintangan-rintangan yang ada. Bekerjalah dengan sungguh-sungguh agar startup bergerak maju.

Nahh, itulah beberapa poin yang harus kamu ambil untuk membangun bisnis startup. Selamat mencoba!!. Jadilah pemuda yang kreatif dan inovatif, karena Indonesia membutuhkanmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.