Alasan Ban Kendaraanmu Kempes Saat Tidak Dipakai

oleh -322 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Pastinya kamu pernah bukan mendapatkan ban kendaraanmu tiba-tiba kempes padahal tidak pernah kamu gunakan. Ternyata sering atau tidaknya kamu menggunakan kendaraan berdampak pada kondisi ban, terutama tekanan udara yang ada di dalamnya lho sob.

Pada dasarnya alasan ban kendaraanmu kempes saat tidak dipakai adalah karena ban pada kendaraan tidaklah sepenuhnya padat. Tetapi ada pori-pori yang kecil sekali atau bahkan pelek kendaraanmu juga mempunyai pori-pori. Nah, dari situlah mengapa ban kendaraanmu kempes padahal tidak kamu gunakan.

Source by Kompas Otomotif

Selain itu alasan lain yang menyebabkan ban kendaraanmu kempes saat tidak dipakai adalah karena perubahan suhu pada ban tersebut. Ban kendaraan yang selalu kamu pakai setiap hari tentunya akan menyebabkan suhu udara ban menjadi panas, sehingga volume angin di dalamnya cenderung stabil/tidak kempes. Berbeda dengan kendaraan yang lama tidak kamu pakai, terlebih kendaraan yang di parkir di atas lantai/ubin yang dingin. Hal inilah yang menyebabkan penyusutan volume angin di dalam ban kendaraan.

Pencegahan untuk hal ini pun cukup sederhana. Ada dua cara yang dapat kamu lakukan agar ban kendaraan mu tidak kempes saat tidak kamu gunakan. Namun, cara ini tidak benar-benar menjamin ban tidak akan kempes walaupun tidak kamu pakai cukup lama.

Yang pertama ketika kendaraanmu akan diparkirkan, usahakanlah untuk memberikan alas pada ban tersebut. Kamu dapat menggunakan karpet, kayu ataupun kain. Cara berikutnya hanya berlaku pada kendaraan roda dua. Kamu dapat menggunakan standart berdiri untuk sepeda ataupun motor kamu.

Jangan lupa untuk mengecek kondisi ban kamu ketika ingin berkendara setelah cukup lama tidak kamu gunakan. Hal tersebut bermanfaat untuk menjaga keselamatan ketika berkendara nanti. (fb)

Baca artikel selanjutnya mengenai Bingung Liburan Kemana ? Cek Ulasan Berikut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.