Biografi Abu Al Qasim dan Abu Ja’far

oleh -708 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Abu Al-Qasim Az-Zahrawi (Albucasis) lahir pada tahun 936 di kota Al Zahra. Yaitu, sebuah kota yang terletak dekat Cordoba Andalusia yang sekarang terkenal dengan negara modern Spanyol di Eropa. Kota Al Zahra sendiri berdiri pada tahun 936 Masehi oleh Khalifah Abd Al rahman Al Nasir III yang berkuasa antara tahun 912 hingga 961 Masehi. (Indah)

Seorang dokter, ahli bedah, berasal dari Andalusia. Penemu asli dari teknik pengobatan patah tulang dengan menggunakan gips sebagaimana yang ada pada era modern ini. Sebagai seorang dokter era kekhalifahan, beliau sangat berjasa dalam mewariskan ilmu kedokteran yang penting bagi era modern ini. ¨

Beberapa karya beliau yaitu; yang pertama adalah Kitab Al-Tasrif, Kitab tersebut berisi penyiapan aneka obat-obatan yang untuk penyembuhan setelah proses operasi. Dalam penyiapan obat-obatan itu, beliau mengenalkan teknik sublimasi.

Karya yang kedua dengan judul yang sama yaitu  Al-Tasrif berisi berbagai topik mengenai kedokteran, termasuk di antaranya tentang gigi dan kelahiran anak. Buku ini diterjemahkan ke bahasa Latin oleh Gerardo dari Cremona pada abad ke-12, dan selama lima abad Eropa Pertengahan, buku ini menjadi sumber utama dalam pengetahuan bidang kedokteran di Eropa. ¨ hingga lima abad setelah dia meninggal, bukunya tetap menjadi buku wajib bagi para dokter di berbagai belahan dunia. Prinsip-prinsip ilmu pengetahuan kedokterannya masuk dalam kurikulum jurusan kedokteran di seluruh Eropa.

Baca Juga: Biografi Ilmuwan Muslim Al-Biruni dan Al-Kindi

Abu Ja’far Al-Ghafiqi

Beliau wafat pada tahun 1165 M. Ilmuwan Muslim yang satu ini juga turut memberi kontribusi dalam pengembangan farmakologi dan farmasi. Sumbangan AlGhafiqi untuk memajukan ilmu tentang komposisi, dosis, meracik dan menyimpan obat-obatan dituliskannya dalam kitab Al-Jami’ Al-Adwiyyah Al-Mufradah. Risalah itu memaparkan tentang pendekatan dalam metodologi, eksperimen serta observasi dalam farmakologi dan farmasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.