Biografi Ilmuwan Muslim Al-Biruni dan Al-Kindi

oleh -708 views
Source: etsu.edu

ZETIZEN RADAR CIREBON – Al-Biruni dan Al-Kindi adalah ilmuwan muslim yang sangat berpengaruh dalam dunia ilmu pengetahuan. Karya-karyanya adalah penemuan yang sangat penting dan bermanfaat untuk kehidupan manusia. (Indah)

Al-Biruni

Lahir di Khawarazm, Asia Tengah yang pada masa itu terletak dalam kekaisaran Persia. Abu Raihan Al-Biruni merupakan teman filsuf dan ahli obat-obatan Abu Ali AlHussain Ibn Abdallah Ibn Sina/Ibnu Sina, sejarawan, filsuf, dan pakar etik Ibnu Miskawaih di universitas dan pusat sains yang didirikan oleh putera Abu Al Abbas Ma’mun Khawarazmshah.

Al-Biruni adalah seorang ahli farmasi dan guru yang banyak menyumbang kepada bidang matematika, filsafat, obat-obatan. Beliau juga seorang matematikawan Persia, astronom, fisikawan, sarjana, penulis ensiklopedia, filsuf, pengembara, sejarawan. Hasil karya Al-Biruni melebihi 120 buah buku.

Ketika berusia 17 tahun, beliau meneliti garis lintang bagi Kath, Khwarazm, dengan menggunakan altitude maksima matahari. Beliau jugalah yang membuat penelitian radius Bumi kepada matahari, sehingga beliau memperoleh kesimpulan radius bumi kepada matahari sejauh 6.339,6 kilometer. Kemudian, para ilmuwan barat mengklaim ulang pada abad ke 16.

Ketika berusia 22, dia menulis beberapa hasil kerja ringkas, termasuk kajian proyeksi peta, “Kartografi”, yang termasuk metodologi untuk membuat proyeksi belahan bumi pada bidang datar.

Ketika berusia 27, beliau telah menulis buku berjudul “Kronologi” yang merujuk kepada hasil kerja lain yang beliau hasilkan (sekarang tiada lagi) termasuk sebuah buku tentang astrolab, sebuah buku tentang sistem desimal, 4 buku tentang pengkajian bintang, dan 2 buku tentang sejarah.

Baca Juga: Biografi Ilmuwan Muslim Ibnu Sina dan Ibnu Rusyd

Al-Kindi

Abu Yusuf Yacub Ibnu Ishak Al-Kindi terkenal dengan nama Al-Kindus. Al Khindi ahli adalah ilmuwan ensiklopedi, pengarang 270 buku, ahli matematika, fisika, musik, kedokteran, farmasi, geografi, ahli filsafat Arab dan Yunani kuno. Al-Kindi adalah seorang filosof muslim dan ilmuwan. Sedangkan bidang disiplin ilmunya adalah Filosofi, Matematika, Logika, Musik, Ilmu Kedokteran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.