Bukan Sekedar Fenomena, Ternyata Aurora Melindungi Kita lho

oleh -20 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Bagi kamu penikmat keindahan fenomena pastinya harus sudah tau dengan fenomena yang satu ini. Aurora atau cahaya kutub merupakan fenomena alam  yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer. Namun, sayangnya keindahan fenomena yang satu ini tidak banyak orang dapat saksikan. Karena, fenomena ini hanya terjadi pada daerah yang jauh dari garis khatulistiwa tepatnya di kutub.

Baca juga: Fenomena Langit Bulan Desember Part I

Pada dasaranya Aurora terjadi karena bumi berinteraksi dengan partikel yang dipancarkan dari matahari. Partikel tersebut dapat disebut dengan angin matahari yang sanagt cepat dan dapat dengan mudah membunuh manusia. Lalu, kenapa bumi dapat melindungi manusia? Karena bumi mempunyai medan magnet. Medan magnet tersebut akan menolak dan membelokan angin matahari tersebut. Namun, ada sebagian angin yang masuk kedalam bumi tepatnya di kutub.

Baca juga: Fenomena Langit Bulan Desember Part II

Walaupun ada sebagian angin yang masuk kedalam bumi, kamu jangan khawatir dulu. Karena, energi angin tidak akan mengenai manusia melainkan akan diserap oleh udara. Setelah itu udara akan mengubahnya menjadi cahaya dan cahaya tersebut adalah Aurora.

Menurut Encyclopaedia Britannica (2015), aurora yang berada di kutub selatan disebut dengan Aurora Australis atau cahaya selatan. Sedangkan di kutub utara dikenal dengan Aurora Borealis atau cahaya utara. Nama Borealis berasal dari bahasa Yunani boreas yang artinya angin utara. Kedua jenis tersebut tidak memiliki perbedaan yang banyak, perbedaannya hanyalah letak tempat terjadinya fenomena langit tersebut. (fb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *