Cara untuk Menumbuhkan Konsistensi Menulis

oleh -168 views
Source: WordPress.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hal yang kita lakukan secara konsisten maka akan menjadi kebiasaan. Pepatah mengatakan bisa karena biasa. Oleh karena itulah, jika kita ingin terbiasa bahkan bisa menjadi seorang penulis profesional, maka kita harus menulis secara konsisten. (Indah)

Beberapa cara agar kita bisa konsisten dalam menulis:

Pertama, Mulai dengan bismillah dan berdoa.

Agar setiap urusan dimudahkan. Agar setiap tulisan menjadi ladang pahala bagi kita. Dan berdoa minta agar ide mengalir terus. Supaya tidak terhambat. Berdoa juga agar apa yang kita tulis bisa membawa kebaikan dan manfaat. Aamiin

Kedua, atur manajemen waktu.

Perlu buat kita mengatur agar tahu kapan harus menulis, dan kapan harus mengerjakan hal lainnya. Selain itu buat target yang jelas. Konsistenkan dan fokus pada goal yang ingin kamu capai. Minimal buat list harian sehari nulis cerpen, besoknya bikin quotes, dll. Istilahnya tiada hari tanpa nulis.

Intinya.. menulis perlu diprioritaskan. Konsisten emang gak mudah, mangkanya konsisten itu senjata utama untuk menjadi expert. Masih ingat kata-kata coach Tendi kan? Bohong kalau sudah berlatih gila-gilaan dan enggak ada hasilnya. Coba cek latihanmu. Jangan-jangan hanya candaan, bukan latihan. (Tendi Murti) So, siap konsisten?

Ketiga, Biasakan Membaca Setiap Hari.

Jadi gak hanya nulis, nulis, dan nulis. Tapi juga harus biasakan untuk baca, baca, dan baca. Gunanya apa? Untuk menambah kosa kata, mendapat tambahan informasi, dan masih banyak lagi manfaat membaca yang dapat menunjang kita dalam menulis. Oke ya. So, rajinlah membaca.

Baca Juga: Tips Dapatkan Inspirasi Dan Motivasi

Keempat, Menulis.

Wajib menulis setiap hari. Seperti yang sudah disebut di atas, atur waktu untuk nulis. Ide-ide kecil yang suka bermunculan, tulis dalam catatan. Intinya, menulislah.

Kelima, lakukan tips diatas secara kontinyu.

Source: Writer Academy, ETC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.