Earworm dan Cara Mengatasinya

oleh -412 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Pastinya kamu pernah bukan mendengar suatu lagu secara terus menerus (terngiang) padahal tidak ada yang menyetel lagu tersebut. Mulai dari liriknya, suara alat musiknya, bahkan hingga backsound terngiang dalam kepala mu. Terkadang hal tersebut terasa menjengkelkan bukan sob?

Nah, jika kamu mengalami hal tersebut jangan panik ya sob. Ternyata hal tersebut ada penjelasannya dalam dunia kedokteran. Fenomena tersebut biasa orang katakan dengan nama Earworm. Earworm berasal dari bahasa Jerman yaitu “der Ohrwurm” yang artinya adalah “gatal musikal”. Para peneliti menyatakan bahwa ini terjadi pada 90% populasi seluruh dunia, setiap harinya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh James J. Kellaris, seorang PhD dari University of Cincinnati mengatakan bahwa penyebab earworm yaitu 15% dari jingle iklan dan 11% adalah lagu instrumental. Hal ini sesuai dengan faktor yang dapat menyebabkan earworm, yaitu lagu dengan lirik yang berulang, nada yang catchy, ritme yang tidak biasa.

Bagi sebagian orang fenomena tersebut terasa biasa saja dan akan sembuh secara sendirinya. Tetapi, bagi sebagian orang lainnya justru hal tersebut sangat mengganggu dan menjengkelkan. Jika kamu termasuk kedalam orang yang merasa terganggu jika mendapatkan hal tersebut mari simak ulasan berikut. (fb)

Baca juga: Perguruan Tinggi Kedinasan Favorit di Indonesia!

Memakan Permen Karet

Source by Republika

Penelitian yang dipublikasi dalam Journal of Experimental Psychology tahun 2015 menyatakan bahwa mengunyah permen karet minimal 3 menit mampu membantu orang-orang untuk melepaskan fenomena tersebut. Karena rangsangan di lidah, gigi dan organ memicu keluarnya kata-kata yang dapat mengurangi kerja otak dalam membentuk memori musik dan suara

Sibukkanlah Otakmu

Source by Hipwee

Solusi berikutnya yaitu kamu bisa mencoba menyibukan otakmu agar lagu tersebut tidak berada dalam pikiranmu. Contohnya kamu bisa bermain teka-teki, bermain kuis, atau semacamnya. Selain itu kamu juga dapat me-review kembali pekerjaan atau tugas yang kamu lakukan hari ini. Kunci utamanya adalah jangan telalu keras untuk menghilangkannya, tetapi dengan santai.

Selesaikan Lagunya

Source by My Study World

Dalam sebuah lagu pastinya ada bagian terakhirnya bukan? Nah, jika kamu mengalami earworm cobalah mengingat atau menyanyikan lagu tersebut dari awal hingga akhir. Karena, lagu yang terngiang hanyalah sepenggal atau sebagian saja. Cobalah untuk menyanyikan atau mendengarkan lagu tersebut dari awal hingga benar-benar tuntas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *