Format Musik dari Masa ke Masa. Ada Apa Aja?

oleh -349 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Bicara tentang musik nih, di era modern seperti sekarang, sudah banyak sekali pilihan format musik yang tersedia. Mulai dari yang berbentuk fisik seperti CD, kaset, piringan hitam, hingga format digital. Tentunya masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya ya, sob.

Nah, kali ini Zetizen Cirebon akan membahas tentang format musik dari masa ke masa. Kira-kira, ada format musik apa saja dan apakah format-format musik di bawah ini ada yang kamu kenali? Daripada penasaran dan terus bertanya-tanya, mending langsung simak pembahasan berikut ini. (arfan)

1. Piringan Hitam

Piringan hitam mulai terkenal sekitar tahun 50-an, sob. (Gambar: Legal Era Indonesia)

For your information, piringan hitam mulai terkenal sekitar tahun 50-an lho, sob. Format ini dipakai oleh band-band dalam merilis lagu mereka. Selama kurang lebih dua puluh tahun format ini merajai pasar musik dunia maupun Indonesia.

Popularitasnya sempat tergeser oleh kaset di era 70-an. Bentuknya yang relatif besar membuat piringan hitam ini kalah praktis untuk dibawa. Meski begitu, piringan hitam yang biasa disebut plat atau vinyl ini tetap memiliki fans setia, sob.

2. Kaset Tape

Kaset tape, format musik yang cepat merebut hati para pecinta musik
Kaset tape, bentuknya yang compact bikin format ini cepat merebut hari para pecinta musik saat itu. (Gambar: FJB Kaskus)

Cassete berasal dari bahasa Perancis yang artinya kotak kecil. Kaset sempat populer di tahun 70-an sampai 90-an lho, sob. Bentuknya yang compact bikin format ini cepat merebut hari para pecinta musik saat itu.

Meski belakangan ini keberadaan kaset tergerus dengan keberadaan CD. Namun, beberapa band lokal ada yang mencoba merilis album mereka dalam format ini. Entah itu atas nama nostalgia atau demi kepentingan kolektibilitas semata.

3. Cakram Padat/ Compact Disc (CD)

CD, format musik terpopuler dari dulu hingga sekarang
CD merupakan format fisik paling populer saat ini. (Gambar: CNN Indonesia)

CD (Compact Disk) atau cakram padat ini bisa jadi merupakan format fisik paling populer saat ini lho, sob. Kemunculannya di awal 80-an sukses menggeser popularitas piringan hitam dan kaset. Format ini belakangan dapat serangan dari bentuk digital yang banyak beredar secara ilegal via internet ya, sob. Kondisi ini membuat band-band atau label mengemas album format CD ini secara eksklusif.

4. MP3

Format musik yang satu ini bisa menyebar dengan cepat bagaikan virus
Ukuran file-nya yang kecil dan sifatnya yang portable membuat format ini bisa menyebar cepat bagaikan virus. (Gambar: CNet)

MP3 (MPEG, Audio Player 3) jadi format paling populer dalam musik digital saat ini ya, sob. Ukuran file-nya yang kecil dan sifatnya yang portable membuat format ini bisa menyebar cepat bagaikan virus. Kualitasnya pun beragam, mulai dari bit rate 32 sampai 320 kbps. Sekarang ini nggak sedikit band lokal yang merilis album digital dan dijual secara online.

 

Baca juga: JOOX Menghadirkan Program Musik Dangdut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.