Istilah atau Singkatan yang Ada di Kampus

oleh -840 views
Foto : Gambar sebuah kampus yaitu Universitas Islam Indonesia

ZETIZEN RADAR CIREBON – Menjadi mahasiswa baru, mungkin bukanlah hal yang mudah. Terutama dengan istilah yang berbeda dengan masa sekolah menengah. Untuk itu diperlukan pengetahuan tentang singkatan atau istilah yang ada di kampus. Berikut beberapa istilah yang Tim Zetizen berikan untuk menambah pengetahuan kalian. (jerrell)

  1. Badan Eksekutif Mahasiswa

BEM adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat pendidikan tinggi. Dalam melaksanakan program-programnya, umumnya BEM memiliki beberapa kementerian dan departemen.

  1. HIMA

Himpunan Mahasiswa adalah organisasi kemahasiswaan di tingkat jurusan di suatu perguruan tinggi atau universitas. HIMA sendiri menjadi wadah untuk mengembangkan minat bakatnya baik di bidang akademik maupun non akademik, serta menampung aspirasi mahasiswa melalui berbagai program kerja.

  1. Dekan

Dekan adalah Dosen di perguruan tinggi yang diangkat dengan tugas khusus mengajar dan mengepalai fakultas.

  1. Dosen

Merupakan Tenaga pengajar di perguruan tinggi dengan tugas utama mengajar, membimbing, dan melatih mahasiswa dalam melakukan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

  1. Unit Kegiatan Mahasiswa

Kalau di sekolah, kamu kenalnya ekstrakurikuler. Di kampus, ada yang namanya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).UKM adalah wadah aktivitas kemahasiswaan luar kelas untuk mengembangkan minat, bakat, dan keahlian tertentu.

  1. Dosen Pembimbing

Dosen Pembimbing adalah Dosen yang bertugas membimbing kamu dalam hal skripsi atau tugas akhir. Biasanya, pemilihan tema skripsi yang akan menentukan siapa yang akan menjadi dosen pembimbing nanti.

  1. Kepala Program Studi

Kaprodi adalah pemimpin tertinggi di jurusan atau program studi yang juga biasanya dijabat oleh seorang dosen. Kaprodi juga bisa kamu sebut sebagai Kajur atau Ketua Jurusan, tergantung istilah mana yang biasa digunakan oleh kampusmu.

  1. Rektor

Rektor adalah istilah yang umumnya merujuk kepada jabatan pemimpin perguruan tinggi baik itu di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Seorang Rektor biasanya juga memiliki kantor sendiri seperti Dekan yang terkenal dengan nama Rektorat.

Baca Juga : PPM Kembali Membuka Program Beasiswa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.