Jabir Ibnu Hayyan, Ilmuan Muslim di Bidang Sains

oleh -1.077 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Jabir Ibnu Hayyan/Ibnu Geber lahir di kota peradaban Islam klasik, Kuffah (Irak). Ilmuwan Muslim ini lebih dikenal dengan nama Ibnu Hayyan. “Sesudah ilmu kedokteran, astronomi, dan matematika, bangsa Arab memberikan sumbangannya yang terbesar di bidang kimia,” (Philip K Hitti, dalam History of The Arabs). Berkat penemuannya ini pula, Jabir mendapat julukan Bapak Kimia Modern. (Indah)

Laboratorium pribadinya di dekat Bawwabah, Damaskus. Dalam penelitiannya itu, Jabir mendasari eksperimennya secara kuantitatif. Instrumen yang beliau buat sendiri menggunakan bahan berasal dari logam, tumbuhan, dan hewan. Jabir mempunyai kebiasaan yang cukup konstruktif mengakhiri uraiannya pada setiap eksperimen. Antara lain dengan penjelasan; “Saya pertama kali mengetahuinya dengan melalui tangan dan otak saya dan saya menelitinya hingga sebenar mungkin dan saya mencari kesalahan yang mungkin masih terpendam“.

Suatu pernyataan dari bukunya mengenai reaksi kimia

“Air raksa (merkuri) dan belerang (sulfur) bersatu membentuk satu produk tunggal. Tetapi adalah salah menganggap bahwa produk ini sama sekali baru dan merkuri serta sulfur berubah keseluruhannya secara lengkap.”

“Yang benar adalah bahwa, keduanya mempertahankan karakteristik alaminya.  Segala yang terjadi adalah sebagian dari kedua bahan itu berinteraksi dan bercampur, sedemikian rupa sehingga tidak mungkin membedakannya secara seksama”.

Baca Juga: Biografi Ilmuwan Muslim Al-Biruni dan Al-Kindi

Karya lainnya yang telah terbit adalah; Kitab al Rahmah, Kitab al Tajmi, Al Zilaq al Sharqi, Book of The Kingdom, Book of Eastern Mercury, dan Book of Balance (Berthelot menerjemahkan ketiga buku terakhir).”Di dalamnya kita menemukan pandangan yang sangat mendalam mengenai metode riset kimia, Dengan prestasinya itu, dunia ilmu pengetahuan modern pantas ‘berterima kasih’ padanya. ” ( George Sarton).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.