Kapal Induk Terbesar di Dunia yang Perlu Kamu Ketahui

oleh -366 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Berkembangnya zaman terutama dalam bidang militer, membuat negara-negara di dunia berlomba-lomba untuk membuat armada terhebat mereka. Contohnya adalah sebuah kapal induk yang dimiliki oleh beberapa negara. Tidak hanya berfungsi untuk mengangkut pesawat, kapal induk juga berfungsi untuk menjadi sentral operasi militer suatu negara.

Terlepas dari itu apakah kamu tahu kapal induk apa saja yang memiliki ukuran super besar? Berikut rangkuman mengenai kapal induk terbesar di dunia. (fb)

Baca juga: Jenis-jenis Kapal Perang di Dunia

5. Liaoning

Source by Sputnik News

Pada urutan ke lima ada kapal induk bernama Liaoning yang berasal dari negeri tirai bambu. Awalnya direncanakan sebagai pesawat kelas Kuznetsov kedua untuk Angkatan Laut Soviet, kapal kemudian dibeli oleh Cina setelah pembubaran Uni Soviet pada tahun 1991. Dengan bobot keseluruhan termasuk muatan penuh sebesar 5.800 ton, kapal ini mampu mengangkut 50 helikopter termasuk pesawat tempur.

4. Admiral Kuznetsov

Source by Bussines Insider

Berikutnya ada Admiral Kuznetsov yang merupakan kapal induk berbendera Uni Soviet. Selain mampu mengangkut 30 hingga 50 pesawat termasuk pesawat besar, pesawat tempur dan helikopter Admiral Kuznetsov ini memiliki persenjataan yang tidak usah kita ragukan lagi. Di dalamnya terdapat rudal anti kapal, peluncur roket, AK 630, senjata dari permukaan ke udara, dan masih banyak lagi.

3. Nimitz Class

Source by Wikipedia

Pada urutan ke tiga ada Nimitz Class yang namanya berasal dari komandan Armada Pasifik AS saat Perang Dunia II Laksamana Armada Chester W. Nimitz. Kapal dengan panjang 332, 8 meter ini mampu mengangkut 90 pesawat dan lebih dari 6.000 kru dan pasukan. Selain itu Nimitz Class pun memiliki perbekalan senjata yaitu NATO rudal, peluncur misil, machine gun, dan masih banyak lagi.

2. USS Enterprise

Source by Wikipedia

USS Enterprise merupakan kapal induk pertama yang memiliki tenaga nuklir. USS Enterprise mulai dibangun pada tahun 1958 dan selesai pada tahun 1962. Selain itu kapal ini juga merupakan kapal induk dengan pengoperasian terlama yakni 51 tahun berturut-turut. Dengan panjang 342 meter, kapal ini mampu menampung 5.000 kru dan 60 unit pesawat tempur.

1. Gerald R. Ford Class

Source by WartaEkonomi.co.id

And last yang menduduki posisi pertama sebagai kapal induk terbesar di dunia adalah Gerald R. Ford Class yang memiliki panjang 347 meter. Kapal induk merupakan kapal induk tercanggih. Dengan bendera Amerika Serikat, kapal induk ini mulai dibuat pada tahun 2009 dan mulai beroperasi pada tahun 2017 kemaren. Dengan panjang 347 meter dan bobot 1.000 ton, Gerald R. Ford Class ini mampu mengangkut lebih dari 75 pesawat dan 4.539 kru kapal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *