Lima Langkah Menjaga Berat Badan!

oleh -163 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga sangatlah menyenangkan. Apalagi dalam akhir tahun ini terjadi pembatasan aktivitas di luar rumah. Untuk itu, kita harus menjaga berat badan selama liburan. Berikut adalah lima Langkah untuk menjaga berat badan kita! (jerrell)

  1. Awali pagi dengan berjalan kaki atau olahraga

Hal pertama yang akan membuat kita tetap terkendali selama liburan yaitu berjalan kaki atau olahraga singkat di pagi hari.

Setelah berolahraga, kita tidak memiliki rasa bersalah saat memakan kue kering atau kudapan yang manis.

Bersosialisasi dengan orang lain akan memakan waktu selama kita liburan. Karena itu dianjurkan untuk latihan HIIT 20 menit, berjalan kaki singkat atau berlari.

  1. Selalu tambahkan salad atau sayuran 

Setiap kali kita makan, tambahkan salad atau sayuran setengah porsi ke dalam makanan kita.

Jika kita terbiasa menambahkan salad dan sayuran, maka kita cenderung kenyang dengan konsumsi makanan yang menyehatkan, dan porsi makanan tidak sehat pun berkurang.

Satu porsi makan yang ideal, terdiri dari setengah porsi salad atau sayuran, seperempat porsi protein tanpa lemak, seperempat porsi karbohidrat kompleks, dan satu sendok teh lemak sehat, seperti minyak zaitun extra virgin atau alpukat.

  1. Makan hingga kita merasa 80 persen kenyang

Lebih baik kita makan sampai merasa 80 persen kenyang, ketimbang 100 persen atau benar-benar kenyang.

Karena makan sampai 80 persen kenyang tidak akan merusak apa pun dengan satu hari makan, tetapi cara ini merupakan cara yang baik. Daripada kita merasa kenyang ataupun kembung.

  1. Makan perlahan-lahan dan penuh perhatian (mindful)

Kunyah makanan secara perlahan dan mindful atau penuh perhatian. Sadari apa yang kita makan, dan seberapa banyak porsinya.

Sebaiknya, kita tidak makan sembari melakukan kegiatan lain seperti membaca buku atau menonton televisi. Karena hal itu membuat kita mengira asupan makan yang masuk ke tubuh jumlahnya lebih sedikit dari yang sebenarnya.

Kunyah makanan setidaknya lima sampai enam kali, sebab otak butuh waktu 20 menit untuk memberi sinyal ke perut apabila perut sudah penuh.

Baca Juga : Destinasi Wisata Alam Banyuwangi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *