Mahasiswa ITS Membuat Aplikasi Anti Covid!

oleh -22 views
Mahasiswa ITS Membuat Aplikasi Anti Covid
Foto : Tampilan Aplikasi Anti Covid karya mahasiswa ITS

ZETIZEN RADAR CIREBON – Penderita COVID-19 semakin hari makin meningkat. Data terbaru pada Selasa, 29 Desember 2020 menunjukan jumlah penderita COVID-19 sudah mencapai 727 ribu orang. Untuk mengatasi hal tersebut, tiga mahasiswa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS membuat sebuah aplikasi, Anti Covid. Aplikasi ini, menawarkan perlindungan diri dari COVID-19. (jerrell)

Ketiga mahasiswa itu bernama Rosalia Kurniasari, Belinda Kezia Purwanto, dan M Dinandya Hendrico yang tergabung dalam Tim Hore.

Mereka membuat sebuah inovasi berupa aplikasi yang bekerja sama dengan tenaga medis dan relawan. Salah satu fitur unggulan Anti Covid ini adalah layanan rapid test dari rumah.

Berdasarkan penuturan Ketua Tim Hore, Rosalia Kurniasari, bahwa masyarakat Indonesia masih belum memenuhi aturan protokol kesehatan dan tidak memahami mengenai prosedur rapid test.

Kemudian juga, masih banyak masyarakat yang takut untuk melakukan rapid test di rumah sakit. Karena melihat kemungkinan terjangkit virus Covid-19 di rumah sakit sangat tinggi.

Padahal pada era new normal ini banyak kepentingan yang membutuhkan hasil rapid test, misalnya saat akan menaiki kendaraan umum seperti kereta. Oleh karena, tim Hore menyediakan fitur layanan rapid test dari rumah.

“Sehingga masyarakat itu tidak perlu khawatir terkena virus Covid-19 dari rumah sakit,” ucap Rosalia, melansir laman ITS, Rabu (30/12/2020).

Dia mengaku, ketika pengguna telah melakukan rapid test, maka hasilnya dapat pengguna unduh melalui aplikasi.

Apabila pengguna mendapatkan hasil positif, bilang dia, maka pasien akan ada yang memberi peringatan isolasi mandiri yang akan tenaga kesehatan awasi selama 14 hari sesuai dengan aturan yang ada.

Selain itu, menurut dia, ada beberapa fitur lain yang mereka tawarkan, seperti pengguna dapat melakukan konsultasi terkait Covid-19 secara daring dengan tenaga medis.

“Pengguna juga dapat mengetahui berita kesehatan terbaru khususnya mengenai info Covid-19,” ungkap wanita yang akrab disapa Rosa ini.

Baca Juga : Ridwan Kamil Melarang Perayaan Tahun Baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *