Makanan dan Minuman Fermentasi Untuk Kesehatan!

oleh -145 views
Makanan dan Minuman Fermentasi Untuk Kesehatan!
Foto : Makanan dan Minuman Fermentasi

ZETIZEN RADAR CIREBONFermentasi tidak hanya membantu mengawetkan makanan. Ternyata, makanan dan minuman fermentasi juga dapat meningkatkan bakteri baik atau probiotik di usus yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah makanan dan minuman fermentasi yang baik untuk kesehatan pencernaan Sobat Zetizen semua. Simak yuk! (jerrell)

  1. Kefir

Kefir adalah susu yang difermentasi. Pada umumnya, kefir hadir sebagai minuman Kendal dengan rasa yang tajam. Berdasarkan penelitian, kefir bisa meningkatkan pencernaan laktosa pada orang dengan intoleransi laktosa Selain itu, kefir juga bisa menurunkan penanda peradangan yang dapat memicu berbagai penyakit lainnya.

  1. Tempe

Tempe terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Pengganti daging berprotein tinggi ini, memiliki nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan. Protein dalam kedelai telah terbukti membantu mengurangi resiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, tempe berperan juga sebagai antioksidan yang dapat mengurangi penumpukan radikal bebas.

  1. Kombucha

Kombucha merupakan teh fermentasi bersoda, asam, dan beraroma. Minuman ini terbuat dari teh hijau dan teh hitam yang mengandung khasiat untuk kesehatan. Penelitian menemukan, bahwa kombucha dapat membantu mencegah keracunan hati dan kerusakan lainnya akibat bahan kimia berbahaya. Selain itu, dapat menyebabkan kematian sel kanker dan memblokir penyebaran sel kanker.

  1. Miso

Makanan ini kerap sekali dengan masyarkat Jepang yang biasanya tersaji dalam bentuk sup. Sebuah studi menemukan, miso dapat menurunkan risiko kanker payudara dan stroke. Miso juga dapat menurunkan tekanan darah dan melindungi kesehatan jantung,

  1. Kimchi

Hidangan ini juga diklaim dapat bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi resistensi insulin yang merupakan penyebab kadar gula darah tinggi. Selain itu, kimchi dapat mengurangi berat badan

Baca Juga : Rekomendasi Makanan untuk Darah Rendah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.