Makanan Mengandung Kolesterol yang Aman!

oleh -31 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kolesterol merupakan salah satu zat yang terdapat pada berbagai macam makanan. Biasanya presepsi masyarakat mengenai kolesterol adalah penyebab beberapa penyakit. Namun ternyata, tidak semua makanan yang mengandung kolesterol bahaya untuk Sobat Zetizen konsumsi. Berikut adalah makanan yang megandung kolesterol yang aman untuk dikonsumsi. (jerrell)

  1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang mengandung kolesterol tinggi namun sangat aman dan dianjurkan untuk konsumsi sehari-hari. Dalam satu butir telur diketahui, mempunyai sekitar 211 mg kolesterol atau sekitar 70 persen. Berdasarkan hasil penelitian, telur tidak memiliki dampak negatif terhadap peningkatan kadar kolesterol buruk dalam tubuh.

Bahkan konsumsi 1–3 butri telur per hari sangat dianjurkan untuk membantu memenuhi asupan nutrisi tubuh dengan baik. Selain kolesterol, telur juga kaya akan sumber protein yang mudah diserat, vitamin B, vitamin A, dan selenium.

  1. Keju

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi namun aman dikonsumsi berikutnya adalah keju. Dalam 1 ons keju mempunyai sekitar 27 mg kolesterol atau sekitar 9 persen. Meskipun keju sering dikaitkan dengan peningkatan kolesterol, beberapa penelitian menunjukkan bahwa keju berlemak penuh tidak berdampak negatif pada kadar kolesterol.

Selain kolesterol, keju juga mempunyai nutrisi protein, kalsium vitamin B, dan vitamin A. Karena keju tinggi kalori, sebaiknya cukup mengonsumsi 1–2 ons untuk menjaga porsinya tetap terkendali.

  1. Sarden

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi aman dikonsumsi juga bisa ditemui dalam makanan sarden. Dalam hal ini, 3,75 ons sarden mempunyai 131 mg kolesterol atau sekitar 44 persen. Selain kolesterol, sarden juga mempunyai sumber protein tinggi, zat besi, selenium, fosfor, seng, tembaga, magnesium, dan vitamin E. Beragam nutrisi baik ini dapat dikonsumsi sehari-hari untuk membantu mencukupi asupan harian dengan baik.

  1. Daging Olahan

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi aman dikonsumsi selanjutnya adalah daging organ. Daging organ seperti jantung, ginjal, hati ayam diketahui mempunyai sumber antioksidan CoQ10 tinggi, serta vitamin B12m zat besi, dan seng.

Selain itu, daging organ juga mengandung kolesterol sebanyak 105 mg setiap 2 ons (56 gram). Berdasarkan penelitian di Korea, mereka yang mengodnumdi asupan daging mentah tidak diolah termasuk daging organ, memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *