Makanan Penyebab Susah BAB!

oleh -87 views
Makanan Penyebab Susah BAB!
Foto : Ilustrasi orang yang menderita sembelit

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sejumlah makanan yang kita konsumsi bisa menjadi penyebab sembelit ataupun susah BAB. Sembelit terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kurang serat. Berikut adalah makanan yang dapat menjadi penyebab dari sembelit ataupun susah BAB. Simak yuk! (jerrell)

  1. Produk Olahan Susu

Produk susu seperti keju ataupun susu bisa menimbulkan penyakit sembelit ataupun susah BAB. Hal tersebut dikarenakan susu memiliki kasein yang merupakan protein yang sulit dicerna dalam tubuh beberapa orang. Inilah sebabnya kita sering mengalami kembung setelah mengonsumsi produk susu.

  1. Makanan Olahan atau Beku

Makanan beku ataupun olahan yang instan mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk waktu yang singkat. Namun, ternyata makanan ini tidak baik untuk pencernaan. Makanan-makanan ini umumnya tinggi lemak, garam, dan gula, serta rendah priotein. Terutama pada garam yang berlebihan akan mengumpulkan kelembapan dari sel dan mengurangi jumlah cairan dalam usus. Cairan tersebutlah yang akan digunakan untuk memperlancar pergerakan makanan.

  1. Gorengan

Makanan yang prosesnya dilakukan dengan cara menggoreng rupanya bisa menyebabkan sembelit. Makanan seperti kentang ataupun ayam goreng ini, cenderung mengandung serat yang rendah dan lemak dan garam yang tinggi. Berarti, makanan tersebut akan sulit dan lama untuk proses pencernaanya dalam tubuh. Apalagi, jenis makanan tersebut akan membuat feses kita menggeras dan menyakitkan kita saat berhasil lepas dari sembelit.

  1. Tepung-tepungan

Biasanya, tepung dalam roti putih, kraker, pasta, dan nasi putih bisa meningkatkan resiko mengalami sembelit. Penyebabnya karena makanan tersebut mengandung sedikit serat dan banyak gluten. Ada beberapa orang yang sensitive terhadap gluten, sehingga mengalami efek samping sembelit. Hal ini lumrah terjadi pada anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *