Makanan yang Memperburuk Diare!

oleh -138 views
Makanan yang Menyebabkan Diare!
Foto : Ilustrasi orang yang menderita penyakit Diare.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Diare merupakan salah satu gangguan pencernaan yang pasti pernah semua orang alami. Penyebab diare sendiri bermacam-macam, mulai dari flu perut hingga makanan. Untuk itu, ada makanan yang dapat memperburuk diare yang kita alami. Simak infonya! (jerrell)

  1. Produk Susu

Intoleransi laktosa atau kesulitan memproses laktosa, yaitu gula yang terdapat dalam produk susu, dan dapat menyebabkan diare. Selain itu saat Sobat diare, kalian akan lebih sensitive terhadap produk susu. Namun, Sobat tetap bisa mengonsumsi youghert. Sebab, youghert kaya akan probiotik yang dapat membantu menyeimbangkan kembali flora usus dan mempersingkat durasi serangan diare.

  1. Alkohol dan Soda

Saat sedang diare, alkohol dapat bertindak diuretik yang artinya dapat menghilangkan cairan dari tubuh penderita. Selain itu, soda dengan sirup jagung fruktosa juga bisa menambah masalah karena dapat menyebabkan perut kembung serta diare.

  1. Pemanis Buatan

Bagi Sobat yang mengalami diare, sebaiknya hindari permen, permen karet, minuman ringan diet, dan semua yang mengandung pemanis pengganti gula. Hal tersebut memiliki alasan bahwa gula buatan dapat membuat usus memproduksi lebih banyak air dan menyebabkan diare.

  1. Makanan Berlemak atau Berminyak

Makanan berminyak atau tinggi lemak, seperti, gorengan, donat, atau potongan daging berlemak dapat memperburuk diare. Karenanya, perbanyak konsumsi pisang, kentang,ataupun nasi putih untuk menambah kotoran dan kehilangan cairan.

  1. Makanan Berserat Tinggi

Pada normalnya, mengonsumsi makanan tinggi serat mungkin dianggap baik untuk kesehatan. Namun, jika saat diare, makanan seperti, brokoli, kembang kol, jagung, buah-buahan ataupun sayuran bisa memperparah diare. Makanan tersebut mengandung kulit yang sulit dicerna. Selain itu, kacang-kacangan, bawang merah, bawang putih, ataupun kubis juga bisa memperparah diare.

Jadi, demi mempercepat penyembuhan diare, pastikan kamu menghindari semua makanan yang dapat memperburuk diare. Selain itu, saat diare biasanya seseorang cenderung kehilangan lebih banyak cairan, sehingga perlu meningkatkan asupan cairan agar tidak dehidrasi.

Baca Juga : Makanan yang Dapat Menaikkan Berat Badan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.