Muscae Volitantes, Bintik-bintik Seperti Cacing Dalam Pandangan

oleh -400 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Pastinya kamu pernah bukan melihat bintin-bintik menyerupai cacin yang melayang-layang di pandanganmu?  Bintik-bintik tersebut seolah melarikan diri dari penglihatan ketika kita berusaha untuk melihat mereka. Jika kamu melihat hal tersebut jangan khawatir sob. Ternyata hal tersebut ada penjelesan ilmiah nya lho. (fb)

Apa yang kamu lihat itu bernama Floaters. Jika dalam bahasa latin mereka disebut dengan ‘lalat terbang’. Namun, secara ilmiah mereka bernama Muscae Volitantes. Ilusi tersebut tercipta di dalam bola mata kamu dalam keadaan yang sangat spesifik. Jika kamu ingin melihat Floaters dengan lebih jelas, kamu hanya perlu berada di luar saat matahari cerah atau melihat pada latar belakang putih. Contohnya seperti langit cerah atau layar komputer.

Dikutip dari Kumparan, Floaters terjadi karena adanya gumpalan jel kecil atau serbuk seluler dalam vitreous. Mengapungnya vitreous dalam mata menyebabkan jatuhnya bayangan pada retina lapisan dalam mata yang sensitif terhadap cahaya. Hal ini membuat Floaters seolah-olah berada di depan mata kita. Secara umum Muscae Volitantes terjadi karena penuaan normal atau menggosok mata.

Namun, jika kamu bintik-bintik kecil itu muncul dalam jumlah yang banyak, sehingga mengganggu penglihatan, kamu harus segera memeriksakannya. Bisa saja bintik-bintik kecil tersebut menimbulkan hal serius seperti pendarahan mata, sobekan retina atau yang lainnya.

Jika bintik-bintik kecil tersebut menimbulkan hal yang cukup serius kamu dapat mencoba beberapa pengobatan berikut.

Yang pertama adalah terapi laser. Dokter akan mengarahkan sinar laser khusus pada badan kaca (vitreous humour) untuk menghancurkan Floaters menjadi partikel yang lebih kecil, sehingga tidak menggangu penglihatan. Jika hal tersebut tidak membantu. Operasi vitrektomi dapat menjadi pilihan bagi penderita Floaters. Operasi ini dilakukan dengan mengangkat badan kaca berikut butiran-butiran kecil yang mengambang dan menggantikannya dengan cairan garam steril. (source by alodokter

Baca artikel selanjutnya mengenai Fakta Kucing Anggora yang Perlu Sobat Ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.