Musisi Jalanan: Berkarya Tanpa Batas

oleh -295 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Berbagai hal yang bisa kita lakukan untuk mengapresiasi karya seni. Salah satu caranya yaitu menjadi seorang penyanyi ataupun musisi. Yup, musisi itu nggak hanya yang ada di dalam dapur rekaman saja, sob, tetapi musisi yang berkarya di jalan juga ada, lho.

Nah, biasanya musisi ternama itu bermain musik menggunakan alat yang keren dan modern. Berbanding terbalik dengan musisi jalanan yang berkarya hanya menggunakan alat musik tradisional dan alat yang mereka buat sendiri. Penasaran, kan, apa saja alat-alat musik yang mereka gunakan saat tampil di jalan? Yuk, simak pembahasanannya berikut ini. (arfan)

1. Gitar: Praktis dan Mudah Memainkannya

 

Gitar: Salah satu alat musik andalan musisi jalanan
Gitar: Praktis dan mudah memainkannya. (Gambar: Hipwee)

Banyak sekali musisi jalanan menggunakan alat musik yang satu ini karena penggunaannya yang mudah. Mungkin karena dinilai praktis dan mudah memainkannya, maka mereka sering menggunakan gitar saat beraksi.

Baca juga: Kenali Perbedaan Gitar dan Bass

2. Ukulele: Alat Musik Andalan Para Musisi Jalanan

Ukulele: Alat Musik Andalan Para Musisi Jalanan
Ukulele: Alat Musik Andalan (Gambar: musicnotes.com)

Serupa tapi tak sama, itulah ungkapan yang dapat kita sematkan kepada alat musik yang satu ini. Ukulele yang kita lihat memiliki bentuk yang serupa seperti gitar, tetapi kenyataannya berbeda lho. Alat musik yang satu ini jika dimainkan oleh musisi jalanan akan menambah khas dan juga nada yang unik saat mereka mainkan.

Ukulele ini sangat identik dengan musisi jalanan karena ukurannya yang lebih kecil dengan bobot yang lebih ringan daripada gitar membuat alat musik ini menjadi andalan mereka, sob. Bahkan alat musik ini lebih sering kita jumpai di jalanan daripada gitar, ya.

3. Angklung: Suara yang Khas dan Berbeda

Angklung juga menjadi salah satu alat musik yang digunakan oleh musisi jalanan, lho!
Angklung: Suara yang khas dan berbeda. (Gambar: SEA Juction)

Alat musik yang sudah ada sejak zaman dulu yang berkembang hingga sekarang, khususnya di daerah Jawa ini pun jadi senjata bagi para musisi jalanan untuk tampil. Angklung ini juga memiliki suara yang khas dan berbeda dari alat musik lainnya. Maka nggak heran jika mulai banyak dari mereka yang menggunakan alat musik yang satu ini.

4. Marimba: Pelengkap Musik Jalanan

Marimba mulai digunakan oleh musisi jalanan, seolah menjadi pelengkap musik jalanan.
Marimba: Pelengkap musik jalanan (Gambar: Jim Laabs Music)

Pasti sobat Zetizen Cirebon masih bingung ketika mendengar kata ‘marimba’, kan? Memang, alat musik yang satu ini belum sepopuler ketiga alat musik di atas, tetapi sekarang alat musik ini mulai dipakai oleh para musisi jalanan. Ternyata, marimba juga sudah menjadi ‘senjata’ andalan mereka, sob.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *