Noken Papua, Tas Tradisional Papua Tampil Dalam Homepage Google

oleh -195 views

ZETIZEN RADAR CIREBON –  Noken Papua adalah sebuah tas tradisional asal Papua yang terbuat dari serat kulit kayu yang menjadi benda penting masyarakat disana. Laman pencaharian Google dikejutkan menampilkan Noken Papua dalam bentuk gambar doodle. (seno)

Noken Papua ini dipercaya sebagai warisan budaya dan juga diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia tak benda pada 4 Desember 2012 . Uniknya, cara membawa tas tradisional ini menggunakan kepala dan bentuknya sama dengan tas pada umumnya.

Noken Papua memiliki filosofi sendiri yang mana sebagai simbol kehidupan yang baik, perdamaian, dan kesuburan bagi masyarakat di tanah Papua. Simbol ini kebanyakan di daerah Pegunungan Tengah Papua seperti suku Mee/Ekari, Damal, Suku Yali, Dani, Suku Lani dan Bauzi.

Lihat juga: Hidangan Dari Penjuru Dunia yang Membuat Selera Makanmu Hancur

Tas Noken ini sendiri memiliki ukuran yang bervariasi, ada yang berukuran besar dan kecil. Pada ukuran yang besar biasa dipakai oleh ibu-ibu yang bekerja sebagai petani dan mampu mengankat bahan-bahan yang cukup berat dengan menggunakan tas noken ini.

Sedangkan tas yang berukuran kecil biasa dipergunakan oleh para pelajar asli daerah Papua. Tentunya dipergunakan sebagai tempat peralatan belajar seperti buku dan alat tulis. Selain digunakan untuk anak murid di bangku sekolah, tas ini juga dipakai oleh mahasiswa untuk membawa keperluan belajar di kampus.

Lihat juga: Fashion Item yang Dapat Kamu Pakai Ketika Musim Hujan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *