Pesawat Pengisi Bahan Bakar yang Ada di Dunia

oleh -458 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Pada umumnya kalau kita ingin mengisi bahan bakar kita harus pergi ke stasiun pengisian. Berbeda halnya dengan pesawat yang dapat mengisi bahan bakar meski masih berada di udara. Hal tersebut dapat dilakukan dengan bantuan pesawat pengisi bahan bakar. So, kali ini Zetizen Cirebon akan membagikan rangkuman mengenai pesawat pengisi bahan bakar yang ada di dunia. (fb)

Baca juga: Jenis-jenis Pesawat Tempur di Dunia

KC-10 Extender

Source by Wikipedia

Pesawat pengisi bahan bakar yang ada di dunia pertama ada KC-10 Extender milik Amerika. Dalam penerbangannya pesawat ini mampu menampung 160 ton bahan bakar, 74 personil dan 76.560 kilogram kargo. KC-10 mentransfer bahan bakar dengan kecepatan maksimum 4.180 liter per menit dan dapat menghasilkan 1.786L liter per menit

Airbus A330 MRTT

Source by Wikipedia

Pada dasarnya Airbus A330 MRTT merupakan pesawat penumpang Airbus A330-200. Pesawat ini merupakan pesawat pengisi bahan bakar jenis baru. Selain dapat mengangkut 110 ton bahan bakar, pesawat ini pun mampu menampung 300 personel dan 45 ton kargo.

Boeing KC-46A

Source by Forbes

Selain digunakan untuk mengisi bahan bakar di udara, Boeing KC-46A pun dapat digunakan menjadi pesawat angkut militer. Memiliki panjang 50,5 meter dengan rentang sayap 48 meter pesawat ini mampu membawa bahan bakar hingga 96 ton.

Boeing KC-135 Stratotanker

Source by Digital Combat Simulator

Boeing KC-135 Stratotanker merupakan pesawat pengisian bahan bakar bertenaga jet pertama Angkatan Udara AS dan menggantikan KC-97 Stratofreighter. Pesawat ini mampu membawa bahan bakar pesawat sebanyak 90 ton. KC-135 terus dikembangkan dan diperbaharui dengan versi KC-135R atau KC-135T yang menawarkan kemampuan pelepasan bahan bakar lebih cepat.

Ilyushin Il-78

Source by Wikipedia

Pesawat yang mampu melakukan pengisian bahan bakar udara dari tiga pesawat berbeda pada siang dan malam hari ini merupakan pesawat tanker milik Rusia. Selain untuk mengisi bahan bakar pesawat lain Ilyushin Il-78 ini dapat digunakan juga untuk menampung pasukan, kargo, dan peralatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *