Presiden yang Rela Hidup Sederhana Demi Rakyatnya

oleh -295 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Pada umumnya beberapa presiden akan memanfaatkan fasilitas negara untuk kepentingan dirinya sendiri bahkan untuk memperkaya. Bahkan beberapa presiden pun memilih untuk memperkaya dirinya sendiri dibanding mementingkan kesejahteraan rakyat. Namun ternyata, ada beberapa presiden yang rela hidup sederhana demi rakyatnya.

Mereka memilih untuk menyumbangkan sebagian besar gajinya untuk menghidupi rakyatnya agar tidak berada dalam garis kemiskinan. So, berikut rangkuman mengenai presiden yang rela hidup sederhana demi rakyatnya.

Baca juga: Fakta Unik Santa Claus yang Perlu Kamu Ketahui

José MujicaUruguay 

Source by Time Magazine

José Mujica atau dikenal sebagai Jose El Pepe Mujica merupakan presiden Uruguay yang menjabat pada tahun 2010 hingga 2015. Selama ia menjabat sebagai presiden El Pepe dikenal sebagai presiden yang sangat sederhana. Ia rela menyumbangkan 90% gajinya untuk anggaran sosial negara. Selain itu, ia enggan untuk menggunakan mobil dinas dan memilih untuk menggunakan mobil Volkswaven tua dan motor vespa klasik miliknya.

Hugo ChavezVenezuela

Source by Vioce of America

Berikutnya ada Hugo Chavez yang merupakan presiden venezuela yang menjabat pada tahun 1999 hingga tahun 2013 ketika ia meninggal dunia. Sebelum menjadi seorang presiden, hugo hidup dalam lingkungan keluarga buruh yang miskin. Hal tersebut membuatnya menjadi sosok yang sederhana. Pada saat ia menjabat sebagai presiden pun ia menyumbangkan seluruh penghasilannya untuk kegiatan sosial.

Fernando LugoParaguay

Source by Kompasiana.com

Selanjutnya ada presiden Paraguay, Fenando Lugo yang menjabat sebagai presiden pada tahun 2008 hingga 2012. Ia merupakan penganut sosialisme. Bahkan, sebelum ia menjabat sebagai presiden ia mendalami Pancasila Indonesia untuk membawa dirinya sebagai seorang pemimpin negara. Pada malam sebelum pelantikannya ia menolak untuk menerima gajinya secara penuh dan membuat ia sebagai presiden pertama yang menolak gajinya.

Mahmoud AhmadinejadIran

Source by Wikipedia

Mungkin beberapa orang pernah mendengar kisah mengenai presiden iran, Mahmoud Ahmadinejad. Ia merupakan presiden iran yang menjabat dari tahun 2005 hingga 2013. Ahmadinejad dikenal sebagai presiden yang hidup dengan kesederhanaan dan merupakan presiden yang tidak berjarak kepada rakyatnya. Kesederhanaannya terlihat dari kekayaannya yang hanya memiliki rumah berukuran 175 meter persegi dan mobil Peugeot keluaran 1977.

Lula Da SilvaBrazil

Source by Deutsche Welle

Jika pada umumnya seorang presiden adalah seorang yang memiliki pendidikan yang cukup tinggi, berbeda dengan  presiden Brazil Lula Da Silva yang tidak menyelesaikan sekolahnya karena harus bekerja. Presiden yang menjabat pada tahun 2003 higga 2011 ini sempat hidup dijalan. Ternyata, saat ia menjabat sebagai presiden ia tidak melupakan dari mana dirinya berasal. Ia lebih memilih untuk hidup sederhana saat menjadi presiden.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.