Prodi Jarang Diminati Tetapi Banyak Dibutuhkan!

oleh -393 views
Prodi Jarang Diminati Tetapi Banyak Dibutuhkan!
Foto : Ilustrasi Jurusan IPA

ZETIZEN RADAR CIREBON – Meski pendaftaran kuliah masih lama, tetapi memikirkan prodi ataupun jurusan lebih baik dilakukan dari sekarang. Sebagai anak IPA, masih ada banyak prodi yang bisa dipilih. Namun, tidak ada salahnya memilih prodi yang jarang diminati, tetapi lulusannya banyak dibutuhkan. Berikut informasinya! (jerrell)

  1. Teknologi Hasil Perikanan

Di jurusan ini kamu akan belajar untuk menerapkan teknologi modern dalam sektor perikanan agar memberikan manfaat yang lebih optimal.

Kamu juga akan mendapatkan materi perkuliahan yang berhubungan dengan bisnis perikanan, manajemen industri, hingga proses setelah panen pada industri perikanan. Itulah mengapa jumlah para ahli terkait sektor perikanan harus tercukupi.

Setelah lulus kamu dapat memilih berbagai profesi untuk meniti karier, baik di perusahaan swasta maupun sebagai staf pada instansi pemerintah, seperti Kemenristek serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

  1. Ilmu Kehutanan

Materi yang akan kamu pelajari di jurusan ini berkaitan dengan ekologi, teknologi hasil hutan, serta konservasi hutan.

Jurusan ini paling tepat untuk para pencinta alam, terutama yang hobi bertualang di gunung maupun lanskap hutan lainnya. Keindahan gunung, termasuk hutan-hutan di dalamnya, tidak hanya ada untuk dinikmati, tetapi untuk dipelihara dengan baik.

Lulusan dari jurusan ini dapat menekuni profesi yang berhubungan dengan industri perkayuan, pemetaan hutan, serta pada badan-badan pelestarian dan konservasi alam.

  1. Oseanografi

Sebagai negara kepulauan yang tengah memperkuat sektor maritim, Indonesia membutuhkan SDM berkualitas dengan kompetensi terkait tujuan tersebut.

Oseanografi adalah bidang studi yang menekuni berbagai aspek yang berhubungan dengan kelautan, seperti organisme laut, geologi di dasar laut, arus samudra, gelombang, dan ekosistem laut.

Para lulusan jurusan Oseanografi ini dapat berkecimpung dalam profesi peneliti ruang angkasa dan atmosfer, pengajar, konsultan reservasi lingkungan, dan lain-lain.

  1. Astronomi

Astronomi termasuk jurusan yang sepi peminat SBMPTN 2020. Alasannya, mungkin karena belum banyak calon mahasiswa yang mengetahui prospek jurusan ini atau menganggap terlalu sulit.

Astronomi adalah salah satu ilmu eksakta tertua yang fokusnya mempelajari tentang alam semesta dan benda-benda langit.

Profesi yang dapat ditekuni setelah lulus ialah peneliti berbagai lembaga-lembaga penelitian, misalnya Observatorium Bosscha, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, serta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional.

  1. Fisika

Berbeda dari jurusan Pendidikan Fisika, bidang fisika murni kurang begitu populer. Di sini kamu akan mempelajari ilmu fisika lebih mendalam dan detail. Prodi atau peminatan yang prodi ini tawarkan antara lain Fisika Material, Fisika Nuklir, dan Partikel.

Prospek pekerjaan untuk jurusan ini terbilang luas, seperti di perusahaan telekomunikasi dan migas, BMKG, atau LIPI.

Baca Juga :  Beasiswa Kuliah Luar Negeri Part 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.