Sejarah Permainan Basket Berasal!

oleh -865 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Siapa yang tidak tahu dengan permainan basket? Permainan tersebut tentunya sudah tidak asing lagi karena banyak peminat yang berasal dari Indonesia. Basket kini sangatlah tenar dan sering masuk dalam daftar perlombaan. Namun, sebelum tenarnya basket, ada sejarah yang melatarbelakanginya. Simak yuk sejarah permainan basket berasal! (jerrell)

Sejarah Basket

Mengutip dari Encyclopaedia Britannica (2015), James Naismith menemukan basket pada 1 Desember 1891. Saat itu James Naismith bekerja intrusktur olahraga di Young Men’s Christian Association (YMCA).

Waktu itu, Naismith membuat dan merancang olahraga yang bisa dimainkan waktu musim dingin. Ide Naismith saat itulah yang akhirnya menciptakan permainan basket.

Pertandingan basket pertama kali diadakan pada 1891. Pada saat itu, keranjang buah persik digunakan sebagai ring basket untuk permainan basket. Pertandingan pertama tersebutlah yang menjadi asal muasal permainan basket semakin menyebar luas ke seluruh daerah di Amerika Serikat.

Akhirnya ada banyak organisasi atau perseorangan yang meminta kepada Naismith untuk memberikan salinan peraturannya yang telah ditulis oleh Naismith pada 15 Januari 1982.

Berkembang Pesat

Pada 1894, jumlah pemain basket adalah lima pemain dengan luas area lapangan 167,2 meter persegi. Jumlah tersebut terus berubah-ubah hingga pada akhirnya 1897 terputuskan jika jumlah pemain basket adalah lima orang dalam satu tim.

Basket tidak hanya terkenal di negara asalnya, yakni Amerika Serikat, namun juga menyebar dan semakin terkenal oleh warga luar Amerika Serikat. Warga Prancis mulai mengenal permainan basket pada 1893. Warga Inggris mengenalnya di tahun 1894.

Permainan tersebut terus berkembang luas hingga ke Australia, Cina, India serta Jepang. Perkembangan basket di dunia olahraga semakin pesat. Terbentuknya National Basketball Association pada 6 Juni 1946, membuat permainan basket semakin terkenal warga dunia.

Basket berkembang tidak hanya di di Amerika, tapi telah menyebar dalam berbagai negara. Di Indonesia olahraga basket mulai dikenal sekitar tahun 1920-an.

Bola basket masuk dan diperkenalkan oleh orang-orang Tiongkok yang bermigrasi ke Hindia-Belanda. Basket diterima baik masyarakat Indonesia, sehingga dapat berkembang dengan baik.  Memasuki tahun 1930-an, perkumpulan bola basket mulai terbentuk di beberapa kota, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, hingga Medan.

Baca Juga : Tips Cerdas Berburu Diskon Akhir Tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.