Tips Aman Mendengarkan Musik!

oleh -469 views
Tips Mendengarkan Musik saat Mengemudi!
Foto : Ilustrasi Mengemudi

ZETIZEN RADAR CIREBON – Banyak orang yang memilih berkendara jarak jauh menggunakan mobil pribadi. Apalagi saat libur Panjang seperti sekarang. Selain itu dalam masa pandemi ini, kita harus menghindari kerumunan. Untuk menghindari bosan, tak sedikit yang memilih untuk mendengarkan musik. Nah, kali ini Tim Zetizen punya tips aman mendengarkan musik saat mengemudi jarak jauh. (jerrell)

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, saat sedang mengemudi yang dibutuhkan adalah kenyamanan dan hal yang biasa dilakukan adalah dengan mendengarkan musik.

“Pada prinsipnya mengemudi harus ada hal-hal yang membuat nyaman atau paling tidak membuat suasananya tidak boring, salah satunya dengan mendengarkan musik,” kata Sony.

  1. Tingkat Volume

Menurut Sony, ada beberapa hal yang perlu pengemudi perhatikan saat mengemudi sambil mendengarkan musik. Salah satunya adalah tingkat volume.

“Sebaiknya tingkat volume musik yang pengemudi putar tidak terlalu keras. Sehingga tidak mengganggu komunikasi atau suara antar luar kabin terganggu,” kata Sony.

  1. Pilihan Lagu

Pemilihan lagu yang sesuai dan tidak mengubah mood juga menurut Sony berpengaruh pada konsentrasi mengemudi. Jangan sampai lagu yang diputar justru bisa menyebabkan perasaan pengemudi ikut terbawa pada alunan lagu, sehingga membuat emosi pengemudi menjadi berubah.

“Pilih musik yang tidak mengubah mood atau emosi pengemudi, misalnya musik berkarakter keras (rock) bisa membuat gaya mengemudi agresif atau lagu melow yang bisa membuat mata jadi ngantuk,” ujar Sony.

  1. Tidak Ikut Bernyanyi

Sony mengatakan, sebaiknya saat mendengarkan musik, pengemudi tidak perlu ikut bernyanyi. Sebab, hal itu justru tidak baik karena bisa menyebabkan konsentrasi pengemudi terpecah.

“Sebaiknya pengemudi tidak ikut bernyanyi, karena fokus jadi terbagi hal ini membuat respons pengemudi lambat,” tutup Sony.

Baca Juga : Tips Belanja Online yang Baik dan Aman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.