Tips Memilih Jurusan Agar Matang!

oleh -112 views
Tips Memilih Jurusan Agar Matang
Foto : Ilustrasi Orang yang Bingung Memilih Jurusan

ZETIZEN RADAR CIREBON – Setelah lulus SMA, tentunya banyak siswa yang ingin melanjutkan kuliah. Namun, untuk memilih jurusan tidaklah bisa sembarangan. Tentunya butuh pertimbangan yang matang. Kali ini, Tim Zetizen akan memberikan tips memilih jurusan agar matang saat di kuliah. Simak yuk! (jerrell)

  1. Pilihlah Jurusan yang sesuai Minat

Sebelum memilih perguruan tinggi yang kalian tuju, kalian harus memilih jurusan kuliah sesuai minat yang diinginkan. Untuk itu penting mengetahui minat kalian dalam bidang apa.

Jika belum mengetahui minat dan jurusan kuliah yang dipilih, maka bisa berkonsultasi dengan guru SMA atau SMK di sekolah, bisa juga ke orangtua. Selain itu, kalian juga bisa mudah mencarinya dengan browsing di internet.

  1. Kenali Jurusan Kuliah yang kalian incar

Demi mengenali jurusan kuliah yang kalian incar, kalian harus mengetahui kelemahan dan kekuatan masing-masing jurusan. Dengan mengenali jurusan kuliah dan prospek kedepannya, maka kalian bisa menentukan jurusan yang sesuai. Untuk mengetahuinya, kalian harus memiliki jiwa kepo tingkat tinggi.

  1. Harus Punya Cadangan Jurusan

Berbeda dengan mencari pasangan. Saat mau kuliah, kalian harus mempunyai pilihan jurusan yang kedua, selain jurusan kuliah utama yang kalian inginkan. Jangan sampai, kalian sudah mantap dengan pilihan yang pertama, tapi lupa akan pilihan jurusan kuliah yang kedua yang menjadi cadangan saat jurusan pertama gagal.

  1. Sesuaikan dengan Cita-Cita

Ketika memilih jurusan kuliah, kalian pun harus memilihnya sesuai cita-cita yang ingin kalian gapai. Dengan target cita-cita, maka bisa membuat kalian berjuang keras untuk belajar di jurusan kuliah yang telah kalian pilih. Hasilnya, pasti kalian akan mudah memahaminya, bisa jadi kalian akan lulus lebih cepat di masa waktu 3,5-4 tahun.

  1. Peluang Kerja di Masa Depan

Nah yang ini tidak kalah penting, yakni melihat peluang kerja setelah lulus dari jurusan kuliah yang kalian pilih. Bagaimana peluang kerja, kerja apa yang bisa saya dapatkan, dan hal yang lain. Dari poin ini, kalian bisa berpikir kritis terhadap keuntungan apa yang didapat setelah lulus dari jurusan kuliah yang kalian pilih.

Baca Juga : Jurusan Kuliah Terfavorit Incaran Pelajar SMA!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.