Tips Mengembangkan Ide Menjadi Tulisan Part 2

oleh -226 views
Source: flpcianjur.blogspot.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ide memang menjadi hal yang krusial dalam aktivitas menulis. Terkadang kita bingung apa yang harus kita lakukan setelah menemukan ide. Harus mulai menulis dari mana?, ini yang sering kali menjadi permasalahan. Oleh karena itu, kita harus memiliki banyak referensi agar bisa mengembangkan ide. (Indah)

Berikut yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa mendapatkan referensi untuk mengembangkan idemu.

  1. Hadir pada forum penulisan

Ini penting untuk meningkatkan kualitas tulisan kita. Tentunya semakin kita bertambah pengetahuan kita tentang penulisan akan semakin mempermudah kita dalam menulis. Dan pada poin ini pun cukup membuktikan bagaimana pengorbanan kita dalam menulis. karena terkadang untuk mendapat pelatihan itu tidak gratis ada yang harus berbayar. Nah jika kita memang benar-benar berniat untuk menulis pastinya tidak keberatan jika merogoh kocek.

  1. Ikuti isu terkini

Agar pembahasan yang kita tulis itu menarik tentunya harus sesuai dengan kebutuhan para pembaca. Dengan kita mengetahui isu terkini, kita bisa membahas atau mengaitkan pembahasan dengan isu tersebut untuk menarik minat para pembaca.

  1. Riset

Satu hal yang harus diingat, informasi yang kita tulis haruslah benar, bukan mengada-ngada apalah lagi kebohongan. Ini penting untuk diperhatikan, karena setiap tulisan harus kita pertanggung jawabkan.

  1. Tulis di web

Dengan perkembangan jaman sarana kita untuk menuangkan karya kita semakin banyak. salah satunya web. dengan kita menulis di web akan banyak orang yang membaca karena web terkoneksi ke seluruh dunia.

Baca Juga: Cara untuk Menumbuhkan Konsistensi Menulis

  1. Ikuti perlombaan

Perlombaan bisa menjadi sebagai sarana kita untuk mengevaluasi sejauh mana kualitas tulisan kita. Karena saat kita mengikuti perlombaan kita pastinya tidak akan asal-asalan dalam menulis.

  1. Ibadah

Walaupun disimpan terakhir tapi ini kunci keberhasilan tulisan kita. Bukankah tulisan yang baik itu adalah tulisan yang dapat mempengaruhi para pembacanya. Salah satu cara agar pesan kita tersampaikan ke hati para pembaca adalah tulislah dengan hati. Hati yang murni tentunya akan sangat mempengaruhi tulisan kita. Bahkan banyak para penulis yang sukses, mereka menulis pada saat dini hari. setelah mereka berwudu, melakukan sholat dan membaca Al-Quran. Sehingga tulisan mereka sangat membekas dihati para pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.