Tradisi Upacara Minum Teh ala Kebudayaan Jepang

oleh -512 views
Minum

ZETIZEN RADAR CIREBON – Upacara minum teh menjadi tradisi turun-temurun dilakukan sejak sebelum zaman edo, dulu upacara minum teh disebut chatō atau cha no yu. Upacara ini menjadi bagian penting kebudayaan Jepang hingga kini masih dilestarikan. (seno)

Lokasi dan Waktu Pelaksanaan Chanoyu - Chanoyu Part 2 | YOTSUBA

Upacara minum teh (sadō, chadō, jalan teh) adalah ritual tradisional Jepang dalam menyajikan teh untuk tamu. Seni upacara minum teh dan dinikmati sekelompok tamu di ruangan khusus untuk minum teh yang disebut chashitsu.

Teh tidak hanya dituang dan lalu diminum, tetapi terdapat seni dalam arti luas. Upacara ini mencerminkan kepribadian dan pengetahuan tuan rumah tujuan hidup dan cara berpikir.

Mengenal Teh Jepang yang Mendunia: Sejarah Tradisi Minum Teh, Karakteristik, dan Ragam Jenis Teh | WeXpats Guide

Sebagai tamu yang diundang upacara minum teh juga harus mempelajari tata krama, kebiasaan, basa-basi, etiket meminum teh dan menikmati hidangan kecil.

Teh yang digunakan dalam upacara ini adalah teh bubuk matcha yang dibuat dari teh hijau yang digiling halus. Untuk penggunaan teh berjenis matcha disebut matchadō, sedangkan jika menggunakan teh hijau jenis sencha disebut senchadō.

Gak Cuma Matcha, Ini Lho 8 Jenis Teh Hijau Khas Jepang

Penggunaan teh jenis matcha ini mulai dipakai sejak memasuki akhir zaman edo yang merupakan penyempurnaan dari kalangan samurai karena tata krama yang kaku. Masyarakat umumnya menginginkan upacara minum teh yang bisa dinikmati dengan lebih santai.

Tradisi ini memiliki beragam makna kehidupan. Proses pembuatan teh oleh tea master setiap gerakan perlu berhati hati dan tidak bergesa gesa serta perlu kesabaran. Meminumnya pun tidak boleh sembarangan.

Tea Ceremony in Japan - Tea Ceremony Japan Experiences MAIKOYA

Bahwasannya upacara minum teh ini sifatnya sakral, jadi proses menyajikan juga perlu berhati-hati perhatikan motif mangkuk harus menghadap ke arah tamu. Dengan begitu, tidak sopan bila meminumnya bukan berada di posisi yang terbaik.

Peminum teh juga harus memutar mangkuk teh agar posisi motif menghadap tuan rumah sebagai tanda terima kasih dan menghormati.

Lihat juga: Layanan Streaming IQIYI Hadirkan Attack on Titan Final Season Secara Gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.