4 Fakta Unik Ikan Cupang yang Perlu Diketahui Sob!

oleh -596 views

ZETIZEN RADAR CIREBON –  Ikan cupang adalah sejenis ikan hias yang sangat terkenal. Banyak orang Indonesia memelihara ikan ini, dan mungkin kamu juga pernah atau bahkan masih memeliharanya sampai sekarang. Mereka terkenal dengan warna-warninya yang indah, dan juga sifatnya yang ‘galak’ alias agresif terhadap cupang lain. Lalu fakta menarik apa lagi yang di miliki ikan ini? Kalau kamu penasaran, berikut ini ulasan  4 fakta tentang ikan cupang yang mungkin belum kamu tahu! (gebii) 

source by pinterest

1. Terdiri dari banyak spesies

Ikan cupang adalah sebutan umum dalam bahasa Indonesia untuk spesies ikan yang tergabung dalam genus  Betta. Menurut laman Pet Sit, ada sekitar 70 spesies dalam genus Betta, dan spesies yang terkenal di antaranya Cupang petarung Siam (Betta splendens) yang berasal dari Sungai Mekong dan cupang Jawa (Betta picta).

2. Menjadi hewan omnivora jika berada di aquarium

Ikan cupang yang hidup di aquarium akan memakan makanan yang sangat bervariasi. Mereka bisa diberi pakan serpihan dan pelet serta makanan hidup atau beku seperti cacing darah, artemia, dan kutu air. Mereka bahkan akan mengunyah vegetasi jika tersedia. Namun kamu perlu berhati-hati karena cupang mungkin juga memakan teman se akuarium yang lebih kecil jika ada kesempatan.

Sementara itu, ikan cupang liar hampir secara eksklusif bersifat insektivora. Mereka akan memakan serangga yang biasanya mereka dapatkan dari permukaan air serta larva serangga air. Mereka biasanya tidak memakan tumbuh-tumbuhan di lingkungan alami mereka.

3. Berasal dari Asia Tenggara lalu mendunia

Semua spesies hewan ini berasal dari Asia Tenggara, termasuk Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, dan Indonesia. Ikan ini sudah dipelihara dan saling diadu dalam pertarungan sejak zaman dulu. Konon, sejak tahun 1800-an di Thailand pertarungan cupang begitu populer hingga di atur secara resmi oleh Raja Thailand yang saat itu masih disebut Siam. Kini, popularitas cupang sudah mendunia. Banyak orang memelihara ikan ini karena keindahannya ataupun untuk di adu satu sama lain.

4. Bisa menghirup udara seperti manusia

Ikan cupang memiliki organ khusus yang dikenal sebagai organ labirin yang memungkinkan mereka menghirup udara dari permukaan air. Organ ini memanjang dari lempeng insang dan terdiri atas banyak lipatan tulang. Ketika  menenggak udara, udara akan masuk ke pembuluh darah yang melewati lipatan ini. Mekanisme ini memungkinkan oksigen diserap ke dalam darah dengan cara yang mirip dengan apa yang terjadi di paru-paru kita.

Berkat organ labirin, ikan cupang dapat bertahan hidup di perairan dengan kandungan oksigen rendah seperti di sawah, kolam yang tergenang, dan perairan yang tercemar ringan. Mereka bahkan dapat bertahan hidup di luar air untuk waktu yang singkat ketika di butuhkan selama mereka tetap lembab. Kemampuan ini sangat baik untuk bertahan hidup selama kekeringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *