5 Manfaat dari Gaya Hidup Minimalis

oleh -159 views
source:pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Gaya hidup minimalis mulai diminati dari berbagai kalangan baik dari usia muda maupun tua. Gaya hidup minimalis adalah gaya hidup yang berkesadaran, sederhana dan tidak berlebihan. Gaya hidup ini lebih mengedepankan kualitas dibandingkan kuantitas. Serta, gaya hidup minimalis adalah berusaha untuk membangkitkan kebahagiaan yang tidak hanya dapat dari unsur material tetapi bisa dari berbagai aktivitas dan pengalaman yang penting.(tika)

Sebagian orang memiliki barang-barang yang mungkin sebenarnya sudah tidak dibutuhkan dan menyebabkan menumpuknya barang. Karena banyaknya barang, kita akan kesulitan mencari yang kita butuhkan. Dengan slogan yang sering kita dengar yaitu “Less is More” yaitu  gaya hidup minimalis yang sebisa mungkin mengurangi barang-barang yang sudah tidak kita butuhkan. Bukan berarti harus membuang semuanya dan membeli dengan yang baru, tetapi seberusaha mungkin menyimpan barang yang bernilai dan membahagiakan.

Jadi apa sih manfaatnya menerapkan gaya hidup minimalis ini? Mari kita bahas!

1. Pikiran lebih tenang

source: https://www.freepik.com

Percaya tidak kalau menerapkan gaya hidup minimalis, pikiran akan menjadi lebih tenang? Coba pikirkan jika kamu memiliki sangat banyak barang, kecemasan kamu akan kehilangan pun akan semakin tinggi. Tetapi, apabila  memiliki lebih sedikit barang kamu tak perlu cemas. Serta, tidak perlu sering membereskan barang yang menumpuk dan memudahkan mencari barang-barang. Walaupun awalnya sulit untuk mengurangi barang yang sudah kamu punya apalagi yang sentimentil, tetapi bagaimana kamu tau itu kalau  belum mencobanya?

2. Fokus pada prioritas

source : https://graphicriver.net

Selain tadi pikiran lebih tenang, kamu pun bisa lebih fokus dengan apa yang kamu prioritaskan. Kiamu tidak perlu memikirkan hal-hal yang tidak penting. Tentukan apa yang kamu butuhkan dan apa yang harus ditinggalkan. Jika sudah fokus pada prioritas, akan lebih mudah untuk mencapai tujuan hidup masing-masing. Dalam mencapai tujuan, kamu merasa lebih percaya diri dan lebih berani dan menjadi modal untuk mencapai kebahagiaan yang akan datang.

3. Kaya akan pengalaman

source : http://theeverygirl.com

Saat menerapkan gaya hidup minimalis, kamu tidak terlalu memikirkan sebanyak apapun yang kita punya. Namun, yang lebih berharga dari itu adalah seberapa banyak pelajaran yang bisa kamu ambil dari  berbagai pengalaman yang telah kamu lalui. Daripada membeli banyak barang, lebih baik untuk berpergian ke tempat-tempat yang menambah pelajaran-pelajaran penting atau menggunakannya untuk belajar skill-skill baru.

4. Lebih bahagia

source: https://www.freepik.com/

Kamu akan lebih tidak memikirkan apa kata orang lain dan tidak perlu membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain. Orang yang menerapkan gaya hidup ini memiliki kebebasan dari rasa tidak memiliki yang seperti orang lain karena sudah berdamai dengan apa yang dimiliki dirinya. Pada akhirnya, kamu akan merasa lebih bahagia dengan barang sesuai yang kamu butuhkan.

5. Lebih hemat

source : https://www.freepik.com

Kamu hanya perlu mengeluarkan uang hanya untuk keperluan yang esensial saja. Mungkin kalau sebelumnya belanja banyak barang karena kepuasan sementara, sekarang hanya mengeluarkan yang dibutuhkan dan untuk dana darurat. Coba deh list pengeluaran sebelum menerapkan gaya hidup minimalis dan setelah. Kamu akan terkejut sekaligus lebih senang karena pengeluaran akan lebih sedikit saat mencoba belajar hidup minimalis

Nah, jadi itu tadi 5 manfaat kalau kamu mencoba menerapkan gaya hidup minimalis. Untuk memulainya kamu perlu mencari tau apa yang jadi kebutuhan dan prioritasmu. Mungkin setiap orang akan berbeda caranya, tetapi kamu jangan heran melihatnya karena setiap orang akan memiliki caranya sendiri-sendiri. Meski caranya berbeda-beda tetapi sebenarnya tujuannya sama yaitu memiliki kehidupan yang bahagia

Baca juga : 6 Kesalahan Merawat Kulit Wajah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *