5 Manfaat Yoga Bagi Tubuh, Sudah Coba?

oleh -22 views
source: unplash.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ketika kamu merasa lelah dan stress, kamu butuh olah tubuh yang menyehatkan sekaligus membuat pikiran menjadi rileks. Yoga menjadi salah satu cara mengatasinya. Banyak manfaat yoga bagi tubuh. Yoga adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, fleksibilitas, dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Dua komponen penting dalam yoga adalah rangkaian gerakan dan pernapasan.(tika)

Apa saja sih manfaat yoga? Berikut ini adalah 5 manfaat yoga bagi tubuh.

1. Mengurangi stress

source: rawpixel.com

Inti dalam gerakan yoga adalah mengatur pernapasan dan keseimbangan tubuh. Saat melakukannya, pastikan pikiran kamu fokus dan tenang. kamu juga bisa mendengarkan musik-musik yang menenangkan. Jika rutin melakukannya, kamu akan terlatih untuk mengendalikan diri, lebih berkonsentrasi, dan meningkatkan kemampuan berpikir.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Sebagian orang sering mengeluhkan kualitas tidur yang buruk. Hal ini dipengaruhi karena pola hidup yang kurang sehat. Kamu bisa mencoba yoga secara rutin. Selain tubuh menjadi sehat dan bugar, pikiran kamu pun menjadi lebih tenang dan rileks. setelah berlatih yoga, semua bagian otot akan meregang, peregangan inilah yang membuat kamu rileks beristirahat.

3. Menurunkan berat badan

source: freepik.com

Apakah kamu ingin menurunkan berat badan? Berlatih yoga akan membantu kamu menurunkan berat badan apabila diterapkan secara benar. Latihan yoga akan membantu tubuh untuk membakar kalori, membentuk otot, dan membakar lemak tubuh. MenurunkanĀ  berat badan juga penting untuk mencegah komplikasi seperti penyakit jantung dan kanker.

4. Mengurangi nyeri sendi

Sebuah studi dalam Rheumatic Disease Clinics of North America pada tahun 2011 menyatakan bahwa berlatih yoga dua kali seminggu bisa membantu meringankan bengkak dan sakit sendi yang diderita oleh seseorang. Gerakan-gerakan yoga pun membantu untuk meningkatkan sirkulasi di sekitar sendi, memperkuat persenidan, dan menguatkan otot-otot.

5. Membuat Awet muda

source: indephedia.com

Dalam buku Mitos dan Fakta Olahraga & Yoga, ada tiga olahpostur yang mampu melawan proses penuaan dan membuat kamu jadi awet muda dengan melakukan yoga. Namun, syaratnya kamu harus melakukan posenya dengan benar. Salah satunya adalah pose Sirsasana, pose ini memberi suplai darah segar kaya oksigen ke otak. Menurut ahli yoga, otak sehat bisa membuat seluruh fungsi terjaga dengan baik.

Nah jadi itu 5 manfaat yoga bagi tubuh. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

 

Baca juga: 5 Manfaat Gaya Hidup MinimalisĀ 

6 Kesalahan Merawat Kulit Wajah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *