6 Motivasi dari Buku Mantappu Jiwa Karya Jerome Polin

oleh -259 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Buku Mantappu Jiwa adalah buku pertama Jerome Polin, seorang mahasiswa penerima beasiswa Waseda University jurusan Matematika Terapan. Jerome Polin juga seorang selebgram dengan 3,8 juta followers di Instagramnya. Serta, pemilik akun Youtube Nihongo Mantappu dengan jumlah subcriber sebanyak 5,69 juta. Isi kontennya banyak membahas tentang soal-soal matematika dan tingkah kocaknya, tak jarang Ia pun seringkali memberi motivasi kepada para followersnya. (tika)

Dalam buku berjumlah 206 halaman yang berisi tentang perjalanan hidupnya mulai dari masa kecil hingga sekarang dan kehidupan di Jepang, tak sedikit motivasi dan inspirasi dari Jerome Polin yang Ia sebut sebagai #RumusJJerome. Apa saja ya motivasi dari buku Mantappu Jiwa? Lets check it out!

source: Instagram pribadi Jerome Polin

1. “Rasa percaya diri terlalu tinggi yang sebenarnya beda tipis dengan kesombongan, tidak akan membawa kita kemana-mana.”

Saat duduk di bangku SMA, Jerome memulai pengejaran mimpinya untuk kuliah di luar negeri dengan beasiswa, tujuannya adalah NTU maupun NUS. Tes masuknya terdiri dari tiga mata pelajaran yaitu matematika, fisika, dan bahasa inggris. Pada awalnya ia optimis karena percaya diri dengan kemampuannya di sekolah. Tapi, ternyata soal-soalnya sangat berbeda dengan tipe soal yang biasa ia kerjakan di sekolah.

2. “Dalam mencapai sesuatu memang harus ada yang dikorbankan, termasuk hal yang terlihat baik sekalipun. Kita harus berani mengorbankan yang baik demi meraih yang terbaik.”

Source: Instagram pribadi Jerome Polin

Pada awalnya kita membuat mimpi, tetapi setelah itu mimpi yang akan “membuat’ kita. Mimpi tidak dapat diwujudkan dengan instan, melainkan dengan air mata, doa, keringat, konsistensi, dan kerja keras. Sewaktu Jerome telah dinyatakan diterima beasiswa di Jepang, ia pun belajar lebih keras lagi. Karena selain harus belajar kimia, fisika dan matematika, ia pun harus belajar bahasa jepang.

3. “Ada hal yang tidak bisa kita kontrol karena kita adalah manusia yang terbatas. Jadi tugas kita adalah melakukan yang terbaik lalu menyerahkan sisanya kepada Tuhan.”

Sebagai manusia kita pasti punya mimpi yang tinggi. Kita tidak boleh menyiksa diri dan tidak melibatkan Sang Pencipta kita, namun kita pun tidak hanya berdoa lalu bermalas-malasan. Kita harus tetap melakukan usaha yang maksimal dengan tidak mengabaikan kesehatan, serta tidak lupa untuk selalu menyerahkan apapun hasilnya kepada Pencipta kita.

4. “Terkadang tak peduli seberapa pun keras usahamu ada hal yang tidak akan berbuah manis.”

source: Instagram pribadi Jerome Polin

Kadang saat kita sudah berusaha mati-matian, hasilnya tidak sesuai ekspektasi kita. Tugas kita ya, berserah. Tetapi berserah itu memang sulit ya. Kalau hasilnya menyenangkan, berserah itu kemudian menjadi mudah dan heroik. Namun, kalau hasilnya tidak sesuai ekspektasi terkadang membawa kita kepada kekecewaan. Tetapi selalu ingat bahwa pasti ada hikmah dibalik setiap rencana.

5. “Dimana ada niat, asal mau berusaha, pasti ada jalan.”

source: Instagram pribadi Jerome Polin

Seperti kata Jerome, mungkin jalannya tidak semulus orang lain, atau mungkin hasilnya tidak sebaik orang lain, tetapi setidaknya kita bisa menghasilkan sesuatu. Dan, sebagai awal itu cukup baik. Dalam mengejar mimpi bukan soal siapa yang cepat untuk sampai duluan karena memang kita tidak sepakat memulai bersama dengan orang lain, tidak perlu membanduingkan yang penting konsisten.

6. “Karena Tuhan lebih tahu roma mana yang terbaik untuk kita.”

source: Instagram pribadi Jerome Polin

Ingatkah dengan pepatah “banyak jalan menuju roma”? Pepatah ini menggambarkan bahwa untuk bisa meraih sesuatu sepatutnya tak terpaku pada satu cara. Tetapi, perlu diingat sebanyak apapun mencoba berbagai cara, tetap ada campur tangan Pencipta kita yang pasti memiliki rencana yang terbaik bagi kita. Sekali lagi, bukan berarti kita jadi bermalas-malasan tetapi tetap berusaha sebaik mungkin.

Nah, jadi itu beberapa kutipan motivasi dari buku Mantappu Jiwa karya Jerome Polin yang sangat memotivasi dan semakin semangat dalam mengejar mimpi-mimpi.

Baca juga : 5 Manfaat dari Gaya Hidup Minimalis

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *