6 Tips Berbenah ala Marie Kondo (Metode Konmari)

oleh -285 views
source: konmari.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Metode Konmari adalah metode berbenah atau beres-beres oleh Marie Kondo, seorang wanita yang berasal dari Jepang. Ia mencetuskan metode yang ampuh melalui bukunya yang berjudul The Life Changing of Tidying Up yang telah terjual lebih dari 5 juta kopi di seluruh dunia. Marie Kondo dalam metode Konmari mengajarkan untuk hidup dengan barang yang bisa membangkitkan kebahagiaan (spark joy). (tika)

Bagaimana sih caranya agar memiliki barang-barang yang membangkitkan kebahagiaan sekaligus ruangan juga menjadi rapi dan tentunya enak saat melihatnya? Simak pembahasannya!

1. Tekad yang kuat

source: pinterest

Tips yang pertama adalah tekad yang kuat. Sebelum melakukan beres-beres, kamu perlu menetapkan tekad yang kuat agar berjalan sesuai target. Rumah tidak akan rapi jika kamu tidak menentukan target. Caranya adalah memutuskan untuk membuang barang dari rumah atau kamu menyimpannya di suatu tempat agar tidak berantakan.

2. Siapkan waktu yang luang

Setelah menguatkan tekad, kamu harus menyiapkan waktu yang luang. Misalnya, pada akhir pekan. Kata Marie Kondo, berbenah adalah hal yang istimewa, jangan biarkan kita melakukannya setiap hari, cukup sekali atau dua kali saja dalam setahun. Berbenah dengan metode Konmari harus tuntas dalam jangka waktu tertentu. Dalam artian beres-beres yang besar bukan seperti menyapu atau mengepel ya.

3. Bereskan berdasarkan kategori

source: pinterest

Sudah menguatkan tekad, menyiapkan waktu, selanjutnya kamu bereskan berdasarkan kategori. Kalau dalam metode Konmari ada urutannya agar kamu tidak berhenti di jalan ketika sedang membersekan yang sentimental. Urutan yang disarankan mulai dari pakaian, buku-buku atau dokumen, komono (pernak-pernik), dan terakhir barang yang sentimental (kenangan).

4. Simpan barang yang membangkitkan kebahagiaan

Setelah mengumpulkan berdasarkan kategori, proses ini adalah pegang satu-satu mana yang mau kamu buang atau sumbangkan atau kamu simpan. Dalam metode ini, kamu diajarkan untuk memegang barang itu, peluk dan rasakan apakah barang itu membangkitkan kebahagiaan atau tidak. Jadi, misalnya barang tersebut sudah lama tetapi masih membangkitkan kebahagiaan, simpan saja.

5. Atur kembali barang

source: pinterest

Kalau sudah selesai mana yang harus disimpan dan mana yang harus dibuang, kamu bisa untuk kembali atur barang. Sebisa mungkin atur sehingga selain rapi, kamu juga tetap bisa memakai dan tidak lupa tempat penyimpanannya agar tidak membeli barang serupa. Dalam metodi ini juga, kamu diajarkan cara melipat yang benar dan menyimpannya agar tidak berantakan lagi.

6. Komitmen

Dua alasan kenapa rumah terlihat berantakan, pertama kamu tidak mengembalikan barang ke tempat semula atau yang kedua kamu terlalu memiliki banyak barang. Oleh karena itu, kamu harus memiliki komitmen yang tinggi untuk tidak malas mengembalikan barang dan kamu juga memiliki komitmen untuk membeli barang yang tidak berlebihan agar tidak memiliki barang yang menumpuk.

Tertulis dalam bukunya yaitu “mengikhlaskan justru lebih penting daripada menambah”. Nah, itu tadi 6 tips berbenah ala Marie Kondo dengan metode Konmari. Tertarik untuk mencobanya?

 

Baca juga:

5 Manfaat dari Gaya Hidup Minimalis

Mengenal Gaya Hidup Minim Sampah

Sudah Tahu Apa Itu Sustainable Fashion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.