Beberapa Wisata Kebumen Populer dan Unik!

oleh -67 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kebumen, merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini berbatasan secara langsung dengan kabupaten, seperti Banyumas, Cilacap, Wonosobo, dan Purworejo. Ternyata, kota ini memiliki tempat wisata yang menakjubkan dan sayang untuk Sobat Zetizen lewatkan. Berikut adalah beberapa wisata Kebumen yang paling populer dan unik. (jerrell)

  1. Gua Jatijajar

Wisata Kebumen yang pertama adalah Gua Jatijajar. Gua jatijajar terletak sekitar 21 km dari Kota Gombong atau 42 km dari barat daya Kota Kebumen. Wisata Kebumen ini menyajikan rest area yang ada di dalam gua. Di tempat ini juga terdapat pasar souvenir dan yang lainnya.

Di kompleks kawasan obyek wisata Goa Jatijajar terdapat tiga gua yaitu Gua Dempok, Gua Intan, dan Gua Jatijajar. Yang lebih menarik lagi di dinding atas Goa Jatijajar terdapat beragam tulisan dari pengunjung yang pernah datang ratusan tahun yang lalu, ada yang dari Hindia Belanja, Eropa bahkan trah penguasa pertama pemerintah Kabupaten Kebumen.

  1. Benteng van der Wijck

Wisata Kebumen berikutnya beralih ke situs peninggalan sejarah, yaitu benteng van der Wijck. Bagi Anda yang menginginkan untuk mengunjungi situs sejarah dan menikmati kemegahan benteng peninggalan Belanda ini, tempat ini akan sayang untuk dilewatkan.

Lokasi dari Benteng van der Wijck sendiri berada di Jalan Sapta Marga No. 100, Sidayu, Gombong ini mudah untuk dijangkau dan kemudahan transportasi juga tersedia.  Wisata Kebumen yang dulunya memiliki nama Fort Cochius ini termasuk ke dalam wilayah Secata A, Sekolah Calon Tamtama A. Maka jangan heran jika Anda berkunjung ke sini lalu sering berpapasan dengan para anggota TNI AD ataupun siswanya.

  1. Pantai Menganti

Lokasi Pantai Menganti berada di balik perbukitan karst selatan Kebumen, tepatnya di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Lokasi tersebut berjarak sekitar 42 KM dari pusat kota Kebumen dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam.

Meski melewati jalan berkelok-kelok, wisatawan tidak akan merasa bosan ketika di perjalanan karena pemandangan laut sesekali terlihat saat berada di punjak jalan yang menanjak.Pantai Menganti memiliki hamparan pasir putih serta panorama menakjubkan di sisi barat pantai berupa tebing karst yang biasa dijuluki sebagai Tebing Bidadari.

  1. Waduk Sempor

Wisata Kebumen yang berikutnya adalah Waduk Sempor yang terletak di Desa Sempor, Kecamatan Sempor. Jaraknya kurang lebih 34 km dari Kota Kebumen ke arah barat laut.

Waduh Sempor merupakan waduk multifungsi. Selain untuk tempat wisata, waduk ini juga merupakan sumber utama penyediaan air baku PDAM, keramba ikan, irigasi persawahan, PLTA, transportasi, juga merupakan penghasilan warga sekitar.

Beberapa fasilitas di tempat wisata yang bisa digunakan antara lain, Banana Boot, Perahu Kano Single. Perahu Kano Ganda, Perahu Bebek, dan Perahu Wisata

Baca Juga : Destinasi Wisata Alam Banyuwangi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *