Cara Hemat Kuota Saat Pakai Google Classroom Part 1

oleh -23 views
Source: Berita

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hampir sebagian besar sekolah di Indonesia melakukan pembelajaran daring sejak pandemi covid-19. Guru memanfaatkan berbagai macam platform sebagai penunjang proses belajar. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi smartphone yang terkenal dengan nama Google Classroom atau Google Kelas Namun, karena harus terhubung ke internet, tak sedikit pelajar yang mengeluhkan borosnya konsumsi kuota saat menggunakan aplikasi Google Classroom. (Indah)

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar kuota internet tidak cepat terkuras saat menggunakan aplikasi Google Classroom.

Beberapa di antaranya bahkan bisa kita lakukan. Dengan memanfaatkan fitur yang tersemat pada aplikasi yang mungkin masih belum banyak diketahui oleh penggunanya.

Nah, bagi Anda yang penasaran bagaimana caranya, inilah empat cara agar kuota internet bisa lebih hemat saat menggunakan aplikasi Google Classroom.

  1. Optimalkan Fitur yang Disediakan Google Classroom

Biasanya, siswa hanya akan mendapatkan arahan untuk menggunakan aplikasi Google Classroom dan bergabung ke kelas online melalui undangan dari admin atau guru.

Karena tidak ada arahan khusus lainnya, hampir semua siswa tidak memahami tentang berbagai fitur yang tersedia dalam aplikasi tersebut. Padahal, fitur di aplikasi Google Classroom ternyata ampuh untuk mencegah kuota terkuras.

Salah satunya adalah dengan mengaktifkan fitur offline kepada seluruh pengguna atau anggota dari grup Google Classroom tersebut.

Baca Juga: Info Program Beasiswa Shopee 2021 di Indonesia

 

Saat fitur offline ini berhasil akif, baik siswa, guru, maupun staf yang bertugas sebagai admin dapat mengakses file ataupun berkas yang terkirim pada grup tersebut tanpa memerlukan koneksi internet.

Meski begitu, mengaktifkan fitur offline ini hanya bisa melalui konsol admin dari grup Google Classroom.

Selain itu, pengguna aplikasi juga harus untuk mengunduh ekstensi pada Browser Chrome. Yaitu Google Documents Offline agar bisa menggunakan Google Spreadsheet, Drive, Slide, Documents tanpa harus terhubung ke internet.

Oleh karena itu, jika memang pihak sekolah atau guru belum mengaktifkan fitur offline pada grup Google Classroom kelas, jangan ragu untuk mengusulkannya. Agar pemakaian kuota internet tidak terlalu boros.

  1. Kenali Jaringan Kuota Internet yang Digunakan

Tips kedua agar kuota internet tetap hemat saat menggunakan aplikasi Google Classroom adalah dengan mengenali jaringan internet seluler yang kita gunakan.

Pada dasarnya, jenis jaringan internet seluler yang biasa kita akses melalui smartphone adalah 3G dan 4G.

Sebagai jenis jaringan internet yang lebih baru, sudah pasti bahwa konsumsi kuota internet 4G per detiknya lebih besar ketimbang 3G.

Biasanya, jaringan seluler 3G masih menggunakan satuan kecepatan Kilobit per detik atau Kbps. Sedangkan untuk jaringan 4G, satuan kecepatannya sudah Megabit per detik atau Mbps.

Dalam kata lain, meski menggunakan aplikasi Google Classroom dengan jangka waktu yang sama, pengguna smartphone dengan jaringan internet 4G pasti akan lebih boros kuota ketimbang 3G.

Walaupun memang kecepatan akses akan menjadi jauh lebih baik. Solusinya, Anda bisa memilih paket internet dengan jenis jaringan 3G yang biasanya memiliki harga lebih terjangkau. Dengan tujuan agar lebih mudah untuk mengontrol pemakaian kuotanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *