Cara Hemat Kuota Saat Pakai Google Classroom Part 2

oleh -20 views
Source: Kompasiana.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Artikel ini melanjutkan artikel sebelumnya mengenai cara menghemat kuota internet saat menggunakan Google Classroom. Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara selanjutnya, inilah cara agar kuota internet bisa lebih hemat saat menggunakan aplikasi Google Classroom. (Indah)

Bijak Menggunakan Koneksi Paket Data Internet Saat Memakai Google Classroom

Meski secara online, bukan berarti pengguna aplikasi GCR harus mengaktifkan jaringan seluler setiap waktu agar bisa mengaksesnya. Melainkan, saat tugas atau materi dari guru sudah diunduh, Anda bisa mematikan sementara jaringan seluler agar kuota tidak terus tersedot.

Contohnya, apabila Anda menggunakan paket internet Smartfren, coba matikan dulu paket internet tersebut dalam smartphone kamu supaya lebih irit.

Barulah saat tugas sudah selesai, jaringan seluler dapat kamu aktifkan kembali untuk mengunggah atau mengumpulkan tugas tersebut. Dengan begitu, kuota internet akan menjadi lebih hemat karena hanya digunakan saat dibutuhkan saja.

Jangan Membuka Banyak Aplikasi atau Halaman Situs Bersamaan

Terakhir adalah dengan cara tidak membuka aplikasi atau halaman situs lain bersamaan. Saat hal ini kamu lakukan, sudah pasti kuota internet akan terus tersedot oleh aplikasi maupun situs yang kamu buka bersamaan tersebut.

Selain itu, hindari menggunakan paket data internet untuk membuka aplikasi streaming musik atau video, dan juga games.

Dengan begitu, saat kita perlu mengakses aplikasi GCR, kuota internet tetap aman dan tidak akan sampai kehabisan jauh sebelum masa aktifnya berakhir.

Baca Juga: Cara Hemat Kuota Saat Pakai Google Classroom Part 1

Teknologi internet memang memiliki pengaruh signifikan bagi manusia agar mampu menjalani aktivitas dengan lebih mudah dan praktis.

Khususnya di tengah masa kritis seperti sekarang ini, internet dapat membantu guru dan siswa agar tetap bisa menjalani kegiatan belajar mengajar secara online menggunakan aplikasi Google Classroom.

Namun, karena konsumsi kuota internet dari aplikasi tersebut cukup besar, baik siswa dan guru tentu harus mencari cara untuk menyiasatinya.

Nah, dengan tips-tips tersebut, semoga masalah boros kuota internet tidak lagi terjadi saat sering menggunakan aplikasi Google Classroom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *