Cara Mencari Beasiswa Untuk Kamu!

oleh -217 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mumpung masih awal tahun 2021, bagi kalian yang ingin mencari beasiswa. Kamu harus mulai mempersiapkannya sekarang. Banyak beasiswa yang mencakup beragam jenisnya. Melansir dari rencanamu.id, berikut beberapa cara atau tips mencari beasiswa untuk kamu yang sudah mau lulus. (jerrell)

Mencari informasi dari sumber yang terpercaya

Karena beragam informasi beasiswa baik secara online dan offline, maka kamu harus cermat. Sebab, tidak semua informasi benar-benar menginformasikan beasiswa. Untuk itu, pastikan informasi beasiswa yang kamu peroleh berasal dari situs terpercaya. Misalnya, situs kampus, departemen pendidikan hingga perusahaan yang menawarkan beasiswa.

Mengenali tipe beasiswa

Secara umum, ada dua tipe beasiswa yang bisa kamu pilih:

Beasiswa akademik/non akademik

Untuk beasiswa ini, diberikan kepada kamu yang berprestasi baik secara akademik maupun non akademik

Beasiswa bagi yang tidak mampu

Untuk jenis yang ini, diberikan bagi siswa yang secara ekonomi masuk kategori tidak mampu. Seperti, program bantuan pemerintah Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Selain itu, ada Beasiswa yang diberikan secara parsial (tidak penuh). Misalnya, hanya biaya 2 semester pertama atau 50 persen dari seluruh biaya. Ada juga beasiswa penuh atau 100 persen. Jadi perhatikan baik-baik ya sobat!

Ketahui Informasi Kampus yang dituju

Ini penting. Karena, beasiswa kuliah yang kamu peroleh juga bagian dari tanggung jawab kamu nanti. Apalagi jika beasiswa yang kamu dapatkan berasal dari perguruan tinggi yang kamu pilih.

Cari tahu tentang institusi yang memberikan beasiswa

Misalnya, lembaga X atau perusahaan Z sedang membuka kesempatan beasiswa. Ketahui perjalanan perusahaan atau kredibilitas perusahaannya dulu. Termasuk, alasan mengapa program beasiswa tersebut instituti tersebut berikan.

Ketahui apa yang diujikan dan menjadi bahan pertimbangan.

Sebab, tiap beasiswa memiliki kriteria yang berbeda. Hal yang perlu diketahui antara lain tes yang akan dijalani, lalu materi tesnya, kemudian tahapannya. Apakah ada wawancara atau presentasi saja. Kemudian, bahasa apa yang digunakan saat wawancara. Apakah bahasa Indonesia atau bahasa asing.

Selain itu, pastikan dokumen yang dibutuhkan apa saja. Misalnya, harus menyertakan esai atau portofolio dalam format tertentu, surat rekomendasi, dan lain sebagainya.

Tanyakan pula, apakah ada hal yang tidak wajib disertakan, namun bisa menambah poin penilaian. Misalnya sertifikat prestasi atau pelatihan yang pernah dijalani.

Baca Juga : Universitas Negeri Terbaik Tahun 2020!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.