Fakta Arum Dalu, Tanaman yang Harum di Malam hari

oleh -825 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Seperti yang kita tahu, ada hewan yang aktif pada malam hari. Ternyata, ada pada tumbuhan juga ada lho! Namanya arum dalu yang mekar dan menebar semerbak harumnya pada malam hari. Nama latin arum dalu yang harum ini adalah Cestrum nocturnum yang dalam bahasa inggris itu night blooming jasmine. Tanaman ini berbentuk tabung dan berwarna putih kehijauan dan berbuah beri yang berwarna putih.

Dahulu, tanaman arum dalu banyak tumbuh di benua Amerika. Konon, penjelajah Christoper Colombus membawa tanaman ini ke berbagai wilayah pada abad ke-15.Sekarang tanaman arum dalu sudah tersebar dimana-mana, termasuk di Indonesia. (tika)

Apa saja fakta unik si harum arum dalu ini? Ayo simak penjelasan berikut ini.

1. Memiliki aroma yang kuat

Nama spesies nocturnum ini karena ia mempunyai kebiasaan spesies yang memekarkan bunga yang kecil dan beraroma harum saat malam. Bunganya ini mengeluarkan aroma yang kuat dan manis seperti parfum. Saat mekar, aromanya terkenal dengan bau terkuat hingga mencapai 165 kaki dari lokasi tanaman.

2. Menjadi obat tradisional

Menurut World Health Organization (WHO), lebih dari 80% populasi negara berkembang pada tumbuhan obat-obatan untuk kebutuhan perawatan kesehatan. Daunnya dapat memperbaiki luka bakar dan bengkak. Bisa juga untuk mengatasi nyeri, membunuh bakteri dan menjadi pengusir nyamuk. Serta, ekstraknya dapat menghambat pertumbuhan tumor.

3. Bentuk dan ukuran arum dalu

Arum dalu tumbuh subur pada iklim tropis. Tingginya sekitar 4 meter dengan panjang daunnya sekitar 5-20 cm. Buahnya berwarna kehijauan yang memiliki panjang sekitar 10 milimeter dengan diameter 3 milimeter. Dengan keindahannya, namun beberapa bagian arum dalu beracun, karena itulah tanaman ini bukan untuk dikonsumsi.

4. Membutuhkan enam jam sinar matahari

Tanaman arum dalu pertumbuhan optimalnya terjadi pada suhu 80 derajat farenheit. Walaupun tanaman ini mekarnya pada malam hari, ia tetap membutuhkan sinar matahari sekitar 6 jam di area yang terlindung dari paparan sinar matahari secara langsung. Paparan sinar yang berlebihan akan menyebabkan daunnya layu.

Nah itu dia fakta dari tanaman arum dalu, bagaimana apakah kamu sudah punya tanamannya? Tetapi tetap hati-hati ya karena ada bagian yang mengandung racun.

 

Baca juga :

Fakta Unik Ikan Mola-Mola Si Matahari Laut!

Uniknya Bunga Tengkorak Snapdragon

Glowworm Si Cacing Bercahaya Indah

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.