Fakta Unik Elang yang Perlu Kamu Ketahui

oleh -2.672 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Seperti yang kita tahu, burung elang merupakan hewan yang sangat istimewa. Mereka mempunyai banyak sekali hal yang menakjubkan. Dari mulai penglihatannya, cara ia terbang dan masih banyak hal lagi. Sebagai hewan yang menjadi simbol kekuatan, kecepatan dan juga simbol untuk beberapa negara, hewan ini punya banyak sekali keunikan. So, tanpa banyak bicara lagi inilah fakta unik elang yang perlu kamu ketahui. (fb)

Baca juga: Daftar Ular Paling Mematikan di Dunia yang Harus Kamu Hindari

Penglihatan

Tidak usah kita pungkiri lagi jika elang selalu berhasil untuk menangkap mangsanya padahal berada jauh di atas langit. Hal tersebut dikarenakan elang mempunyai penglihatan yang sangat tajam. Penglihatan elang 8 kali lebih tajam dari penglihatan manusia. Bahkan sejauh 100 kaki di udara pun elang dapat melihat dengan jelas.

Kecepatan Terbang

Selain penglihatannya yang sangat tajam yang mampu melihat mangsa dari ketinggian, elang juga mempunyai kecepatan terbang yang sangat hebat. Elang mampu mencapai kecepatan hingga 300 km/jam saat berburu mangsanya. Bahkan, saat musim migrasi tiba, elang dapat berpindah ke berbagai belahan dunia.

Cakar dan Paruh

Hal lain yang dapat membuat burung elang berhasil menangkap mangsanya adalah karena cakar dan paruhnya yang sangat kuat. Dengan cakar dan paruhnya yang tajam membuat elang mampu merobek daging dengan mudah dan sulit untuk mangsanya melepaskan diri.

Setia Pada Pasangan

Setia terhadap pasangannya memang merupakan ciri khas yang elang miliki. Pada umumnya elang hanya mempunyai satu pasangan untuk memenainya selama hidup di dunia. Namun, ketika salah satu pasangannya telah mati elang akan mencari pasangan lain untuk berkembang biak.

Sarang

Fakta unik elang yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah cara mereka membuat sarangnya. Elang akan membuat sarangnya yang berada di tempat yang sangat tinggi untuk bertelur. Tujuan hewan satu ini membuat sarang di tempat yang tinggi adalah untuk menjaga anaknya dan melatih anaknya untuk terbang sendiri.

Umur

Burung elang merupakan salah satu hewan yang memiliki masa hidup cukup lama yaitu mencapai 70 tahun. Semakin tua usia burung elang, membuat aktivitas di udaranya berkurang. Ketika memasuki umur sekitar 40 tahun, bulu burung elang akan mulai rontok dan paruhnya yang semakin menukik kebawah hingga menyentuh dada.

Dapat Bertransformasi

Keunikan satu ini mungkin tidak banyak orang ketahui. Untuk menghindari kematian ia akan melakukan transformasi selama 150 hari. Ia akan pergi ke puncak gunung dan membuat sarang di sana.

Setelah itu ia akan menyakitkan dirinya dengan cara mamatukan paruhnya hingga patah dan menunggu paruhnya tumbuh kembali. Dengan paruhnya yang baru tumbuh ia akan mencabut satu persatu cakarnya dan menunggu cakar baru tumbuh kembali. Dan yang terakhir ia akan mencabut bulunya hingga rontok menggunakan cakarnya dan menunggu tumbuhnya bulu baru.

Ketika semua telah ia lewati elang akan siap untuk memulai hidup barunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.