Fakta Unik Ikan Mola-Mola Si Matahari Laut!

oleh -19 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pernahkah kamu mendengar berita tentang ikan mola-mola yang beberapa kali terdampar? Ikan mola-mola adalah ikan yang berkerabat dengan ikan buntal dan triggerfish. Ikan matahari atau sunfish sebutannya karena memiliki keunikan pada ikan mola-mola. Apa saja ya fakta unik ikan mola-mola?(tika)

Berikut ini fakta unik ikan mola-mola.

1. Ukuran ikan mola-mola

Ikan mola-mola adalah ikan bertulang sejati yang terbesar. Ikan ini mencapai hingga 3 meter dengan berat 2,3 ton. Selain itu, ikan ini berbentuk bulat, pipih dan biasanya kulit mola-mola oleh banyak lendir dan walau terlihat harus, tetapi sebenarnya kulit mola-mola terasa kasar saat merabanya.

2. Suka berjemur

Ikan mola-mola suka berjemur di bawah sinar matahari maka dari itu ia disebut ikan matahari atau sunfish. Kebiasaan berjemur ini bertujuan untuk membersihkan diri karena kulit ikan mola-mola banyak menjadi hunian parasit. Ada sekitar 54 jenis parasit yang bisa hidup di tubuhnya dan rentan terhadap penyakit.

3. Termasuk ikan tersubur

Ikan mola-mola memiliki jumlah ‘anak’ terbanyak dalam sekali reproduksi. Sunfish dapat bertelur hingga 300 juta telur sekaligus di dalam ovariumnya. Ketika telur menetas, ukuran larva ikan mola-mola berukuran sangat kecil dan berbentuk seperti ikan buntal dengan duri-duri dan memiliki ekor.

4. Tidak punya ekor

Ikan mola-mola tidak memiliki ekor. Saat melihat ikan ini, kamu pasti akan menyadari bahwa bagian belakang ikan mola-mola tidak seperti ikan lainnya. Ia hanya memiliki sirip yang terletak di punggung dan di bawah perut yang disebut clauvus, akibatnya ikan mola-mola sangat lambat saat berenang dan tak mampu menahan arus hingga mudah terdampar.

5. Makanan kesukaannya ubur-ubur

Makanan kesukaan ikan mola-mola adalah ubur-ubur. Selain ubur-ubur ia juga memakan salpa, ikan kecil, plankton, alga, moluska dan bintang laut. Ikan ini bisa menyelam hingga 600 meter untuk mencari makanan. Namun, ia juga ternyata alergi dingin dan tidak bisa hidup di bawah suhu 12 derajat celcius.

Nah, itu tadi 5 fakta unik ikan mola-mola. Menggemaskan bukan ikan matahari ini?

baca juga :

Glowworm Si Cacing Bercahaya Indah

Uniknya Bunga Tengkorak Snapdragon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *