Fakta Unik Narwhal, Unicorn Laut Penghuni Arktik

oleh -455 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Jika kamu berfikir unicorn hanyalah sebuah mitos, kamu salah. Nyatanya, di laut ada spesies hewan menyerupai tanduk layaknya unicorn lho. Selain mempunyai tanduk layaknya unicorn, narwhal ternyata mempunyai segudang fakta unik lainnya lho sob. Berikut fakta unik narwhal yang perlu kamu ketahui. (fb)

Baca juga: Berikut Makanan Orang Susah yang Naik Kasta

Kerabat Dekat

Narwhal atau Monodon Monoceros merupakan mamalia laut yang hidup di antartika ini masih berkerabat dekat dengan paus beluga, lumba-lumba hidung botol dan paus orca. Layaknya kerabat dekatnya, narwhal merupakan hewan yang hidup berkelompok dengan jumlah hingga puluhan ekor.

Pedang Panjang Bukanlah Sebuah Tanduk

Fakta unik narwhal yang selanjutnya adalah pedang panjang yang ia miliki di kepalanya. Jika kamu berfikir pedang tersebut adalah sebuah tanduk kamu salah besar. Ternyata benda yang menyerupai tanduk tersebut ialah sebuah gigi yang tumbuh melebihi batasnya. Namun, para ilmuan sepakat menyebut gigi tersebut adalah sebuah gading.

Fungsi Gading

Pastinya kamu bertanya-tanya apa fungsi gading yang menyerupai tanduk tersebut. Selain sebagai alat bertarung untuk melawan pejantan lainnya. Fungsi gading tersebut ialah untuk membantunya menemukan jodoh. Dalam gading tersebut terdapat banyak sekali sensorik untuk memikat para betina.

Kebiasaan Unik yang Mereka Lakukan

Selain keunikan yang disebutkan sebelumnya, narwhal mempunyai keunikan lainnya. Ia mempunyai kebiasan unik yakni mengambang di permukaan air tanpa bergerak sama sekali layaknya sebuah mayat. Karena keunikan tersebut narwhal kerap disebut sebagai paus mayat.

Hidup di Alam Bebas

Jika pada umumnya hewan akan bertambah peluang hidupnya jika hidup dalam sebuah penangkaran, berbeda dengan unicorn laut ini. Narwhal lebih menyukai hidup di alam bebas dibanding hidup di dalam penangkaran. Narwhal yang hidup di penangkaran tidak akan bisa bertahan lama dan pada akhirnya akan mati.

Populasi di Alam Bebas

Karena seekor narwhal tidak dapat hidup di sebuah pengkaran membuat peluang hidupnya menurun. Hal tersebut pun dibuktikan dengan banyaknya perburuan liar yang mereka alami dan juga tidak dapat bertahan kondisi habitat ketika musim dingin yang terlalu dingin. IUCN pun mengkategorikan hewan ini sebagai hewan terancam punah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.