Glowworm Si Cacing Bercahaya Indah

oleh -41 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Glowworm sering disebut cacing bercahaya yang merupakan menyerupai cacing yang memiliki kemampuan untuk memancarkan cahaya. Glowworm berasal dari spesies Arachnocampa luminosa. Glowworm sendiri aslinya bukan cacing, namun larva dari sejenis serangga kecil bernama ‘agas’ (gnat). Uniknya, glowworm ini bermetamorfosis akan berubah bentuk menjadi sejenis kumbang.

Tahukah kamu, bahwa di sebuah wilayah di Selandia Baru, terdapat spesies glowworm cacing bercahaya ini banyak orang yang mencarinya. Anehnya, glowworm ini hanya ditemukan di Selandia Baru, khususnya di dalam gua dan terowongan alamiah. Banyak yang ingin melihat bukan karena dia memiliki tangan atau bisa berbicara. Melainkan, cacing bercahaya dan terlihat sangat indah. Tidak percaya? Simak penjelasannya berikut ini yuk.

Dari sekian banyak tempat yang menjadi lokasi penemuan glowworm, salah satu habitat glowworm yang paling terkenal adalah Gua Waitomo yang terletak di Pulau Utara Selandia Baru. Ada banyak glowworm yang bersarang sehingga terlihat seperti kumpulan bintang di langit malam. Selain bisa disaksikan sambil berjalan kaki, pengunjung Gua Waitomo juga bisa memandangi langit-langit sambil menaiki perahu karena gua ini juga memiliki sungai bawah tanah.

source: pinterest

Glowworm memiliki tubuh panjang berwarna kecokelatan dengan kulit yang transparan. Oleh karena itu, organ cahaya glowworm yang terletak di dekat ujung ekornya bisa tetap terlihat walaupun organ cahaya tersebut berada di bawah kulit. Organ cahaya glowworm berasal dari zat luciferin yang dihasilkan oleh organ bernama saluran Malphigi (Malphigi tubules). Tubuh glowworm secara garis besar bertekstur lunak, namun kepalanya bertekstur keras dan juga ada rahang untuk menggigit hewan mangsanya.

source: pinterest

Hewan ini juga mengeluarkan cahaya dengan menyalakan ekor bioluminescentnya. Menarik banget ya, guys. Ternyata bukan hanya kunang-kunang yang dapat bercahaya, tapi beberapa hewan lainnya ternyata dapat mengeluarkan sinar yang indah seperti hewan yang satu ini. Jadi apa yang kamu lakukan bila bertemu glowworm? (tika)

 

baca juga :  Ini 4 Hal yang Harus Kamu Kurangi Mulai dari Sekarang!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *