Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Black Box

oleh -60 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Secara pengertian, Black Box merupakan sekumpulan perangkat dalam bentuk alat perekam yang digunakan dalam bidang transportasi. Pada umumnya Black Box merujuk kepada alat perekam data penerbangan dan suara kokpit dalam pesawat terbang. Tapi, apakah kamu mengetahui keseluruhan tentang Black Box? So inilah hal yang harus kamu ketahui tentang Black Box. (fb)

Baca juga: Kecelakaan Pesawat Terbesar yang Pernah Terjadi di Indonesia

Tidak Berwarna Hitam

Bagia sebagian orang yang baru mengenal istilah Black Box pastinya akan mengira bahwa kotak tersebut berwana hitam. Namun, faktanya adalah Black Box berwarna oranye menyala yang berfungsi agar tim pencari mudah saat menemukannya. Penamaan Black Box berawal dari pengunaannya di masa perang dunia ke II yang berwana hitam agar tidak memantulkan cahaya.

Terdiri Dari Dua Bagian

Hal yang harus kamu ketahui tentang Black Box berikutnya adalah Black Box terdiri dari dua bagian yang terpisah. Yang pertama adalah Flight Data Recorder (FDR) atau data penerbangan pesawat dari mulai ketinggian, kecepatan dan posisi pesawat. Dan baigian kedua adalah Cockpit Voice Recorder (CVR) atau perekam suara kokpit yang dapat merekam hingga dua jam terakhir penerbangan.

Perlindungan

Seperti fungsinya sangat penting, pastinya sebuah Black Box mempunyai perlindungan yang sangat hebat. Lapisan terluar dari Black Box terbuat dari bahan titanium atau baja tahan karat dengan dua lapisan. Memiliki tabung tahan banting yang sudah teruji dengan dilontarkan menggunakan meriam udara dengan dampak 3.400 Gs. Selain, itu Black Box juga kedap air hingga kedalaman 6.000 meter, tahan suhu panas hingga 1000 derajat celcius selama 30 menit. Black Box terletak pada bagian ekor pesawat agar mencegah kerusakan Black Box itu sendiri.

Penyimpanan

Bagian pertama dalam Black Box yaitu FDR mampu menyimpan data penerbangan hingga 25 jam dan dapat membantu penyelidikan mencatat berbagai fungsi operasi pesawat, seperti detail waktu, ketinggian, kecepatan udara, dan arah pesawat. Bagian kedua yaitu CVR mampu merekam percakapan pilot dan juga kopilot selama dua jam yang berfungsi untuk menentukan waktu kejadian, komunikasi antar awak, pengawas darat dan pesawat lain.

Pengiriman Sinyal

Black Box memiliki sensor yang jika menyentuh air dapat mengirim sinyal darurat berupa “ping”. Sinyal akan dikirim satu detik sekali selama 30 hari. Sinyal tersebut berfungsi agar tim pencari mengetahui letak keberadaan Black Box itu sendiri. Para ahli mengatakan bahwa sinyal paling optimal yang dikirimkan oleh Black Box yaitu 6-10 hari hingga batrai melemah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *