Hindari 4 Hal Ini Saat Menentukan Jurusan Kuliah

oleh -296 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sudah berada di tahun terakhir bangku sekolah? Kalau begitu, saatnya mempersiapkan jenjang universitas! Ada begitu banyak hal yang perlu kamu persiapkan, mulai dari kesiapan akademis, biaya, hingga mental. Khusus akademis, kamu tentu perlu mempersiapkan sesuai tujuan jurusan kuliah yang akan dipilih. Lalu, bagaimana jika belum memiliki pilihan program studi? Menentukan jurusan atau program studi memang bukan hal mudah. Ada beberapa faktor yang perlu kamu jadikan pertimbangan. Berikut 4 hal ini yang harus kalian hindari saat menentukan jurusan kuliah. (jerrell)

1. Mengikuti yang sedang tren

Setiap tahun tren tentu akan berubah, tak terkecuali jurusan favorit. Dari pada berbondong-bondong berusaha lolos mengikuti tren yang ada, akan lebih baik jika mencari peluang lain yang tak kalah menarik. Tentunya, kamu tetap perlu mengikuti kemampuan yang dimiliki.

Jadi, cobalah untuk tidak terdorong oleh pilihan tren atau teman terdekat. Selain dapat menjerumuskan kamu ke pilihan yang salah, memilih berdasarkan tren pun tak menjamin adanya peluang karir nantinya. Meski begitu, jika jurusan favorit tersebut sesuai minat kamu tak ada salahnya untuk terus mengejarnya ya.

2. Menuruti kemauan orang tua

Sebenarnya tak salah sepenuhnya jika kamu menuruti kemauan orang tua. Namun, bisa jadi salah saat jurusan yang dipilih tidak sesuai minat kamu. Kursi universitas tentu jauh berbeda dengan masa sekolah, di mana kamu akan lebih banyak praktek agar mampu secara mandiri memecahkan masalah.

Hal tersebut tentu akan sedikit menyulitkan jika bidang yang dipilih tidak sesuai minat kamu. Untuk itu, peran orang tua bisa kamu jadikan acuan maupun rekan diskusi saja.

Kamu bisa bebas bertanya mengenai proyeksi karir ataupun masukan mengenai pandangan orang tua terhadap potensi yang dimiliki.

3. Malas menggali minat dan potensi

Setiap orang tentu mempunyai minat dan potensi masing-masing, hanya saja tak semua mampu mengenalinya. Agar bisa memilih jurusan yang tepat, cobalah untuk terus menggali minat dan potensi. Kamu bisa memulainya dengan melakukan banyak hal di berbagai bidang.

Dengan mencoba berbagai kegiatan, kamu mempunyai kesempatan lebih untuk melihat hal yang cenderung disukai. Jika masih terasa sulit, tak ada salahnya pula untuk mempelajari satu per satu jurusan. Nantinya, diharapkan kamu akan menemukan satu hal yang digemari.

4. Merelakan hasil tes

Proses untuk memasuki perguruan tinggi kini semakin beragam, mulai dari nilai rapot, pengalaman sosial, hingga ujian tes. Ujian tes sendiri menjadi salah satu cara yang pasti kamu lalui.

Biasanya, calon mahasiswa akan memilih beberapa jurusan dalam satu kesempatan ujian. Agar mendapat peluang lebih, tak jarang beberapa anak memasukan jurusan yang sepi peminat.

Meski tak sepenuhnya salah, terkadang pemilihan tersebut justru tak diikuti pemahaman sang anak. Alhasil, saat hasil ujian tes diterima bisa saja kamu mendapatkan pilihan tersebut. Jika hal itu terjadi, sebaiknya kamu memikirkannya kembali sebelum mendaftar secara resmi di jurusan tersebut.

Kamu perlu lebih dulu menghilangkan rasa terdesak saat memilih. Pasalnya, kamu yang belum memahami betul tujuan serta pembelajaran jurusan tersebut. Jangan sampai kamu akan menyesali pilihan tersebut kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.