Huli Jing, Siliman Rubah Dari Negeri China

oleh -577 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Jika kita sebelumnya telah membahas siluman rubah dari Korea Selatan dan Jepang, kini kita membahas siluman rubah versi China, yaitu Huli Jing. (Nindi) 

Sama seperti Korea Selatan yang memiliki legenda Kumiho atau Gumiho, dan Jepang dengan Kitsune miliknya. Negeri China juga memiliki jenis siluman yang serupa.

Huli jing dalam mitologi Tiongkok adalah siluman rubah yang sejenis dengan peri Eropa atau kitsune Jepang. Siluman rubah ini dapat menjadi roh baik maupun roh jahat. Huli memiliki arti kata rubah, dan Jing berarti siluman.

Dalam mitologi China, mereka percaya bahwa segala benda dapat berubah bentuk menjadi wujud manusia. Lalu mempunyai kekuatan sihir, dan keabadian, asalkan mereka memiliki kekuatan yang cukup.

Siluman rubah yang sering muncul dalam kisah-kisah dan legenda biasanya berwujud seorang wanita muda yang sangat cantik dan memikat. Salah satu siluman rubah yang paling jahat dalam mitologi China adalah Daji. Ini muncul dalam novel dari Dinasti Ming, Fengshen Yanyi.

Biasanya siluman rubah dipandang berbahaya, tetapi tidak semua kisah mereka adalah makhluk jahat. Seperti pada kisah karya Pu Songling yang berjudul Liaozhai Zhiyi.

Kisah ini menceritakan kisah cinta antara seekor siluman rubah yang berwujud wanita cantik dengan seorang pemuda manusia.

Pada bahasa slang mandarin dan kantonis, istilah huli jing ditujukan kepada seorang wanita yang merayu seorang pria beristri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.