Ini 5 Manfaat Meditasi Bagi Tubuh

oleh -302 views
source: totalbeauty.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Meditasi itu apa sih dan apa manfaatnya? Meditasi adalah suatu aktivitas untuk melatih fokus sehingga memiliki pikiran dan pandangan yang jernih dan tetap merasa tenang. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan duduk secara rileks dengan mengatur pernapasan secara teratur selama sekitar 15 sampai dengan 20 menit. (tika)

Nah, apa saja manfaat meditasi bagi tubuh? Mari simak pembasan berikut.

1. Mengurangi stress

Meditasi tidak hanya sebatas untuk kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Meditasi dapat menghasilkan hormon endorfin, yang berperan membantu mengelola stress. Selain itu, meditasi juga dapat menurunkan hormon kortisol yang tinggi saat merasa tertekan dan stress. Ada sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan meditasi cenderung lebih berpikiran positif,

2. Menjaga kesehatan jantung

Dilansir dari alodokter.com, stress berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah meningkat, sehingga menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Kondisi ini bisa meningkatkan terjadinya berbagai masalah jantung seperti stroke dan serangan jantung. Salah satu caranya, dengan rutin melakukan meditasi. Hal ini dikarenakan, meditais dapat menstabilkan tekanan darah.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Selanjutnya, meditasi juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Sebuah studi mencoba membuktikan dengan meminta grup pertama bermeditasi, sedangkan grup kedua tidak. Grup yang melakukan meditasi berhasil tidur lebih cepat dan jam tidurnya bertambah. Ternyata, meditasi juga dapat membantu mencegah insomnia.

4. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Meditasi membantumu meningkatkan daya fokus sehingga akan meningkatkan konsentrasi dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Manfaat meditasi ini telah terbukti oleh beberapa penelitian. Salah satunya adalah Carnegie Mellon University tahun 2016, orang yang melakukan meditasi menunjukkan peningkatan pada bagian otak yang mengatur atensi.

5. Memperkuat imunitas

Manfaat meditasi selanjutnya yaitu memperkuat imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan adanya peningkatan antibodi atau zat pembentuk kekebalan tubuh yang lebih tinggi pada orang yang rutin bermeditasi. Tetapi, selain rutin meditasi kamu harus tetap menjalani gaya hidup sehat lainnya ya seperti berolahraga dan mengonsumsi makananan yang bergizi serta istirahat yang cukup.

 

Nah itu dia 5 manfaat meditasi bagi tubuh. Apakah kamu sudah mencobanya?

 

Baca juga:

6 Kesalahan Merawat Kulit Wajah

5 Manfaat Yoga Bagi Tubuh, Sudah Coba?

Waspadai! Ini Kebiasaan yang Bisa Merusak Otak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.