Ini Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari!

oleh -93 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hayo mana yang suka malas mandi di pagi hari nih? Atau pagi hari yang sibuk dan bangun terlambat? Tetapi, tahukah kamu bahwa banyak manfaat mandi air dingin di pagi hari. Mandi pagi juga salah satu cara yang baik untuk memulai hari agar lebih semangat. (tika)

Berikut ini manfaatnya mandi air dingin di pagi hari.

1. Memperlancar sirkulasi darah

Pada saat mandi di pagi hari dengan air dingin akan menyebabkan rasa kaget akibat guyuran air dingin pertama kali dapat memicu jantung supaya lebih efisien memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini akan membantu meningkatkan sistem sirkulasi darah dan membuat darah mengalir lebih cepat ke seluruh tubuh.

2.  Mengurangi berat badan

Mandi dengan air dingin di pagi hari bukan berarti berat badan menjadi langsung menurun secara tiba-tiba. Tetapi, mandi dengan air dingin akan membantu proses menurunkan berat badan. Melansir medicaldaily.com, tubuh kita terdiri dari 2 jaringan lemak yaitu lemak putih dan lemak coklat. Lemak cokelat akan aktif saat dalam kondisi kedinginan yang akan berubah menjadi energi panas di dalam tubuh.

3. Mengurangi stress

Mandi di pagi hari akan menjaga kadar hormon kortisol yaitu hormon stress yang ada di dalam tubuh lebih rendah. Menurut ahli dermatologi, mandi pagi akan membantu menenangkan diri sebelum memulai aktivitas yang padat. Selain itu juga adanya kinerja zat antioksidan yang membuat lebih tahan dengan stress.

4. Meringankan nyeri otot

Nyeri otot saat aktivitas padat memang sangat mengganggu. Namun, salah satu cara sederhana yang bisa membantu adalah mandi dengan air dingin. Sejauh ini belum ada yang membuktikan apa hubungan mandi dengan nyeri otot. Tetapi, adanya efek relaksasi dan aktivitas saraf yang dapat meredam efek nyeri.

Nah, itu tadi 4 manfaat mandi dengan air dingin di pagi hari. Ayo, mulai harimu dengan semangat dan jangan lupa mandi pagi ya, guys!

 

baca juga : Ini Manfaat Minum Teh Untuk Tubuh!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *