Ini Tanaman Purba yang Masih Ada Sampai Sekarang!

oleh -669 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Di bumi, seperti yang kita tahu ada hewan hewan yang sudah ada sejak zaman dahulu, ternyata tumbuhan juga sudah ada sejak ratusan juta yang lalu. Dari berbagai penelitian dan ilmuwan telah meneliti fosil tanaman yang usianya lebih tua dari dinosaurus. Berikut ini tanaman purba yang masih ada sampai sekarang. (tika)

1. Ducthman’s pipe

source: pinterest

Tanaman Dutchman’s pipe berasal dari dalam hutan negara Brazil.Tumbuhan ini mirip dengan tumbuhan yang sudah ada sejak 65 hingga 142 juta tahun yang lalu. Pada waktu itu, serangga serangga pada zaman dinosaurus menyerbuki bunga Aristolochia. Pada saat ini, bunga ini menarik serangga untuk penyerbukannya.

2. Cycada (sikas)

source: pinterest

Tanaman sejenis palem ini ternyata sudah hidup sejak 280 juta tahun yang lalu lho. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa fosil sikas yang lebih tua mungkin berasal pada zaman karbon 100 juta sebelum periode pernian ada. Sikas mampu hidup di habitat yang berbatu dengan kondisi lingkungan yang ekstrim.

3. Tanaman ekor kuda

source: pinterest

Tanaman ekor kuda adalah satu-satunya genus yang hidup dari kelas Equisetopsida yang saat ini hanya sekitar 20 spesies ekor kuda yang bertahan hidup. Tanaman ini telah ada sekitar 300 juta tahun yang lalu dan dapat kamu temukan di seluruh dunia, kecuali antartika. Biasanya ada di belahan bumi yang non-tropis.

4. Agathis

source: pinterest

Agathis atau pohon damar adalah pohon konifer dan hanya ada beberapa spesies yang masih hidup di dunia. Tanaman ini bisa kamu temukan di belahan bumi bagian selatan, terutama di Asia Tenggara seperti Indonesia. Tanaman agathis telah ada sejak sekitar 350 juta tahun yang lalu. Tanaman ini bisa untuk pengolahan karet, pondasi bangunan, dan lain-lain.

5. Lumut

source: pinterest

Catatan fosil mengungkapkan bahwa lumut telah ada sejak 470 juta tahun lalu. Lumut juga tanaman yang mudah tumbuh di mana saja, seperti di batu, tembok, tanah asam, batang kayu yang tumbang dan di rawa-rawa. Sampai saat ini ada sekitar 12 ribu spesies lumut yang berbeda yang hidup di berbagai habitat di seluruh dunia.

Nah itulah beberapa jenis tanaman purba yang masih ada sampai sekarang. Apakah kamu punya tanaman tadi?

 

baca juga :

Fakta Arum Dalu, Tanaman yang Harum di Malam hari

Uniknya Bunga Tengkorak Snapdragon

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.